PELATIHAN INSTRUKTUR KLINIK : METODE PERSEPTOR DALAM PEMBELAJARAN KLINIK DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG

Kurniati Puji Lestari, Joni Siswanto, Iis Sriningsih, Sri Eny Setyowati

Abstract


Pembelajaran klinik merupakan kebutuhan primer dalam proses pendidikan tahap profesi ners agar lulusan mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas. Pembelajaran klinik yang baik harus didukung oleh instruktur klinik yang mampu menjadi role model. Instruktur klinik berwenang dan bertanggung jawab untuk mengatur proses pembelajaran klinik di wahana praktik. Oleh sebab itu dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan instruktur klinik dalam melaksanakan peran dan tanggung jawabnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kejelasan akan peran fungsi dan tanggung jawab instruktur klinis dalam membimbing peserta didik di tatanan klinik. Pemberian materi melalui pendidikan Pembelajaran Klinik, diskusi interaktif dan simulasi pembelajaran klinik. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, metode demonstrasi untuk memberikan keterampilan tentang preceptorship dan proses evaluasi, simulasi, metode diskusi, dan pendampingan bimbingan klinik. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan sebagian besar peserta menyatakan tema pelatihan bagus (63,4%), ketepatan waktu cukup (49,6%), suasana bagus (60,1%), kelengkapan materi bagus (70,6%), pelayanan atau sikap penyelenggaraan bagus (61,6%), media atau alat bantu bagus (57,2%). Rerata nilai pembicara sebesar 84,85 (rentang nilai 25-100) termasuk dalam kategori baik. Rerata nilai pre-test sebesar 30,45 dan nilai post-test sebesar 45,5 (rentang nilai 0-100) dengan rerata peningkatan nilai antara pre dan post-test sebesar 10,9. Kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman pembimbing klinik tentang metode perseptorship dan dapat diadopsi untuk dilaksanakan di wahana praktik lain. Ketepatan waktu pelatihan perlu diperhatikan. Evaluasi kegiatan tidak hanya menilai pengetahuan instruktur klinik tetapi juga menilai sikap atau kesiapan dalam pelaksanaan metode preceptorship.


Keywords


metode perseptor, pelatihan, pembelajaran klinik

Full Text:

PDF

References


Balcain, A., Lendrum, B.L., Bowler, P ., Doucette, J., & Maskell, M. (1997). Action research applied to preceptorship program. Journal of Nursing staff development, 20(5), 193-197.

Herawati, N (2000) Peran pembimbing Klinik. Jakarta : tidak dipublikasikan.

Irwin, R (2001) Roles of the Facilitator. Ohio: The Ohio State University- College of Medicine.

Malini, H & Huriani, E. (2006). Kajian metoe pengajaran klinik dalam meningkatkan pencapaian kompetensi mehasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan dalam praktek profesi Keperawatan. Tidakdipublikasikan

Mantzorou, M. 2004. Preceptorship in Nursing Education: Is It A Viable Alternative Method For Clinical Teaching.Laboratory Associate in Nursing Department B, HTEI ofAthens.

Nurachmach, E. (2007). Paradigma pencapaian kompetensi pada pendidikan ners dengan model preceptorship dan mentorship. Disampaikan pada Pelatihan Nasional Preceptorship dan Mentorship untuk Pendidikan Ners. Yogyakarta, 12 – 14 Februari2007.

Nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.2012

Sari, S. M., Marni, E., & Anggreny, Y. (n.d.). THE IMPLEMENTATION OF PRECEPTORSHIP MODEL IMPROVE COMPETENCY ACHIEVEMENT OF NURSING CLINICAL STUDENTS ( Implementasi Model Preceptorship Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Profesi Ners ).

Siahaan, J. (2017). Metode Pembelajaran Klinik dan Hambatannya Pada Program Pendidikan Profesi Ners Menurut persepsi Mahasiswa Skripsi.

Susanti, A. I., Wirakusumah, F. F., & Garna, H. (2014). Metode Pembelajaran Preceptorship dibandingkan dengan Konvensional terhadap Keterampilan Pemeriksaan Kehamilan Mahasiswi Kebidanan Midwifery Prenatal Skills, 2(38), 34–39.

Triwijayanti, R. (2016). EFEKTIVITAS METODE ONE MINUTE PRECEPTOR TERHADAP, 4, 197–210.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v15i1.3923

Article Metrics

Abstract view : 1281
Download PDF : 1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License