PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PERAWATAN BAYI SEHARI-HARI PADA TENAGA PARAJI ( DUKUN BAYI )

Puji Hastuti

Abstract


Tenaga paraji (dukun bayi) merupakan perpanjangan tangan dari petugas kesehatan khususnya bidan dalam perawatan ibu nifas dan bayinya. Mereka perlu dibekali dengan pengetahuan tentang perawatan bayi sehari-hari dengan benar.

Pengabdian masyarakat bertujuan paraji atau dukun bayi di wilayah kerja Puskesmas Baturraden 1 Kecamatan Baturraden dapat memahami perawatan bayi sehari-hari dan  mengajarkan kepada ibu - ibu nifas yang dirawat agar mereka dapat merawat secara mandiri.

Pelatihan dengan ceramah, tanya jawab serta demontrasi tentang cuci tangan, perawatan tali pusat, menjaga kehangatan bayi dan stimulasi pada bayi dilanjutkan pendampingan dan evaluasi kunjungan rumah dengan mengajarkan perawatan bayi sehari-hari kepada ibu nifas.

Dukun bayi ( paraji ) tidak diperbolehkan menolong persalinan dengan menarik semua alat persalinan yang dimiliki. Mereka diharapkan berpartisipasi dalam program pemerintah terkait kesehatan ibu dan anak diantaranya : ikut memberikan pendidikan kepada ibu hamil, melaporkan jika menemui ibu hamil dengan resiko tinggi, mendeteksi adanya tanda bahaya pada bayi dan melaporkannya ke petugas kesehatan serta memberikan saran pada ibu agar bayinya dibawa ke petugas kesehatan.Diketahui bahwa ibu nifas merasa takut dalam perawatan bayinya khususnya sebelum tali pusat puput dan menyerahkan perawatan bayinya pada dukun. Pada kunjungan rumah pengabdi mendampingi dukun bayi mengajarkan kepada ibu nifas tentang perawatan bayi sehari-hari sehingga mereka bisa lebih mandiri.


Keywords


Paraji (Dukun bayi) , Perawatan bayi sehari-hari

Full Text:

PDF

References


Baety, AN.Biologi reproduksi kehamilan dan persalinan edisi I.Yogyakarta:Graha Ilmu;2011.

Dinkes Provinsi Jawa Tengah.Profil kesehatan provinsi jawa tengah tahun 2010.

Hasselquist.Tata laksana ibu dan bayi pasca kelahiran.Jakarta:Prestasi Pustakarya;2006.

Kasnodiharjo. 2014. Peran Dukun Bayi dalam Menunjang Kesehatan Ibu dan Anak. Media Litbangkes.Vol 24: No 2 ; Juni 2014 : 57-66

Paisal.2008.Perawatan Tali Pusat.http://creasoft.files.wordpress.com.Diakses tanggal 25 Oktober 2012.

Sodikin.Buku saku perawatan tali pusat.Jakarta:EGC;2009.

Sinsin, I.Seri kesehatan ibu dan anak masa kehamilan dan persalinan.Jakarta:PT Gramedia;2008




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v14i1.3214

Article Metrics

Abstract view : 1186
Download PDF : 805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License