Modifikasi Tongkat Kruk Kursi Ergonomis Terhadap Kenyamanan Beraktivitas Penderita Patah Tulang Kaki

Djamaluddin Ramlan, Yulianto Yulianto, Tri Cahyono, Fauzan Ma'ruf

Abstract


Kesulitan berjalan yang dialami pasien patah tulang kaki akibat aktivitas fisik, olahraga dan kecelakaan lainnya yang mengakibatkan: memar, nyeri dan bengkak pada bagian kaki membutuhkan alat bantu agar dapat kembali berjalan. Kebutuhan alat bantu seperti kruk sangat dibutuhkan oleh orang atau penderita cacat kaki untuk membantu aktifitas maupun mobilisasi. Penggunaan kruk yang berulang akan menimbulkan penyempitan pada arteriaksilaris, sebab adanya pembebanan oleh berat badan untuk mengatasinya pengguna harus beristirahat. Pencarian tempat istirahat akan membutuhkan waktu dan jarak yang tidak mudah. Penelitian ini dikembangkan jenis Kruk sebagai alat bantu jalan saat ini berbentuk tongkat dengan kemampuan disesuaikan kebutuhan penggunanya, diantaranya adalah pegangan ditengah yang digunakan dengan cara dijepit di ketiak, tiang penyesuai jangkauan, jarak pegangan tangan dan pada bagian bawah diberi lapisan karet agar tidak licin, tahan tekanan serta sebagai inovasinya alat ini dapat dijadikan tempat duduk. Sebagai tahap evaluasi pengembangan tongkat kruk kursi ergonomi dapat lebih di uji pada berbagai aktifitas dan lokasi pasien dalam kegiatan rutinitas pada umumnya. Melalui pemodelan kruk kursi lipat ergonomi ini diharapkan menjadi Solusi bagi pata pasien cidera kaki untuk dapat merasakan kenyamanan beraktifitas dan meminimalisir kecelakaan yang terjadi pada penggunaan kruk yang lama.

Keywords


kruk; kruk kursi lipat ergonomi; kenyamanan; penderita patah tulang

Full Text:

PDF

References


Clinic C. Femur. Cleveland Clinic. 2020.

Manganaro D, Alsayouri K. Anatomy, Bony Pelvis and Lower Limb: Ankle Joint. StartPearls. 2023.

Chandra GEP, Jumeno D. Perancangan Alat Bantu Jalan Kruk Bagi Penderita Cedera dan Cacat Kaki. J Ilm Tek Ind. 2013;

WHO. World Report on Disability. 2011.

Leksono FB, Nugraha HS, Siregar IA, Angelina D. Desain Kruk Multifungsi Untuk Membantu Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa Difabel University. Widyakala J Pembang Jaya Univ J Pembang Jaya. 2023;10(1).

Alfadhlani A, Meuthia Y, Valent DF. Perbaikan Rancangan Kruk Ketiak untuk Penderita Cedera dan Cacat Kaki. J Optimasi Sist Ind. 2016;12(2):400–5.

Septi A, A. Rosyada A, Rizki A. C. Perancangan Desain Produk Kruk Kursi Lipat dengan Pendekatan Metode Antropometri pada Tunadaksa Kaki. Talent Conf Ser Energy Eng. 2020;3.

Mayasari DA, Nurcipto D, Kurniatie MD, Permata ED, Niza MN. Pendampingan adaptasi alat bantu jalan kruk ringkas Tarik Ulur bagi Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Kota Semarang. J Pengabdi pada Masyarakat/Kacanegara J Pengabdi pada Masy. 2023;6(4):395–400.

Ismandari, F. Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas. 2019

Chandra, G. E., & Jumeno, D. Perancangan Alat Bantu Jalan Kruk Bagi Penderita Cedera dan Cacat Kaki. Jurnal Ilmiah, Teknik Industri. 2013

Alfadhlani, Y. M. Perbaikan Rancangan Kruk Ketiak Untuk Penderita Cedera Dan Cacat Kaki. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 400-410. 2013




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v43i2.11295

Article Metrics

Abstract view : 1
Download PDF : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License