Sanitasi Makanan Pada Rumah Makan

Annisa Nur Azzahrah, Vivi Filia Elvira

Abstract


Sanitasi makanan di rumah makan sangat penting untuk diperhatikan agar makanan dan minuman yang dihasilkan tetap bersih dan sehat serta terhindar dari kontaminasi bakteri yang ada disekitarnya. Rumah makan merupakan suatu tempat pengolahan makanan yang perlu memperhatikan tahapan 6 prinsip sanitasi makanan mulai dari pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi, pengangkutan makanan dan penyajian makanan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096 Tahun 2011, hygiene sanitasi pangan adalah upaya menjaga, mempertahankan dan mengendalikan faktor pangan, penjamah, tempat dan peralatan yang akan digunakan pada saat pengolahan pangan yang dapat menimbulkan penyakit yang ditularkan melalui makanan seperti penyakit diare, kolera dan hepatitis A. Oleh karena itu maka perlu dilaksanakan kegiatan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) rumah makan yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Baru Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode langsung atau turun langsung ke lapangan dan metode tidak langsung atau menggunakan data sekunder mengenai hygiene sanitasi makanan rumah makan yang ada di Puskesmas Baru Tengah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan ialah seluruh rumah makan yang ada di wilayah Puskesmas Baru Tengah telah memenuhi syarat dalam prinsip hygiene sanitasi makanan, namun terdapat beberapa aspek yang belum terpenuhi seperti penggunaan APD oleh penjamah makanan, penggunaan tempat pencucian peralatan dan penggunaan tempat sampah yang tidak tertutup. Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Lingkungan pada rumah makan bertujuan untuk mengetahui gambaran sanitasi makanan pada rumah makan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Baru Tengah.


Keywords


Hygiene; Inspeksi Kesehatan Lingkungan; Puskesmas; Rumah Makan; Sanitasi Makanan

Full Text:

PDF

References


Yunawati A, Caesar DL. Analisis Higiene Penjamah Makanan dan Sanitasi Rumah Makan di Sekitar Kampus ITEKES Cendekia Utama Kudus. 2023;4(02):40–4.

Sari DP, Suyasa ING. Penerapan Hygiene Sanitasi Di Rumah Makan Minang Simpang Ampek Panjer Kota Denpasar Tahun 2021. J Kesehat Lingkung. 2021;11(2):132–40.

Andriani Y, Kurniawati E, Parman. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Higiene Sanitasi Rumah Makan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sarolangun Kabupaten Sarolangun. J Ilmu Kesehat Masy Berk. 2020;2(2):10–7.

Rahmayani RD, Simaptupang MM. Analisis Pengaruh Higiene Penjamah Dan Sanitasi Makanan Terhadap Kontaminasi E. Coli Pada Jajanan Sekolah. JUKMAS (Jurnal Kesehat Masyarakat). 2019;3(2):164–78.

Hitipeuw MRC, Sumampouw OJ, Akili RH. Higiene dan Sanitasi Rumah Makan di Kompleks Wanea Plaza Kota Manado. Kesmas. 2018;7(4):1–12.

Atmoko TPH. Peningkatan Higiene Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Dhamar Palembang. J Khasanah Ilmu. 2017;8(1):1–9.

Trishuta Pathiassana M, Izharrido B, Raya Olat Maras J, Alang B, Hulu M, Sumbawa K, et al. Penilaian Skor Keamanan Pangan Pada Umkm Rumah Makan Abc Di Kabupaten Sumbawa Assessment of Food Safety Scores on Msme Abc Restaurants in Sumbawa District. J Pengolah Pangan. 2021;6(2):61–70.

Rahmadhani D, Sumarmi S. Gambaran Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Makanan Di PT Aerofood Indonesia, Tangerang, Banten. Amerta Nutr. 2017;1(4):291.

Alristina AD, Ethasari RK, Hayudanti D. Food Organization of The Dining House based on Physical and Laboratory Test. J Gizi dan Kesehat. 2021;13(2):43–56.

Suryansyah Y. Evaluasi Higiene dan Sanitasi Jasaboga di Jalan Gayungsari Surabaya. J Kesehat Lingkung. 2018;10(2):165–74.

Rahmawati U, Subandriani DN, Yuniarti Y. Pengaruh Penyuluhan Dengan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Higiene Perorangan Pada Penjamah Makanan. J Ris Gizi. 2020;8(1):6–10.

Cholid KA, Darundiati YH, Sulistiyani S. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Angka Kuman pada Peralatan Makan di Rumah Makan. J Kesehat Masy. 2022;10(3):290–7.

Yunus SP, Umboh JM., Pinontoan O. Hubungan Personal Higiene dan Fasilitas Sanitasi dengan Kontaminasi Escherichia Coli Pada Makanan di Rumah Makan Padang Kota Manado Dan Kota Bitung. JIKMU. 2015;5(2):210–20.

Pibriyanti K, Puspitarini AA, Luthfiya L, Panganti OBDA, Lintang EA, Ningrum R, et al. Edukasi Keamanan Pengan di Kantin Kampus Putri UNIDA Gontor. J Pengabdi Kpd Masy. 2023;4(1):721–7.

Elvira VF, Badrah S, Kaat JM, Rejamulia VS, Yusti IK, Sombolinggi GM, et al. Penyuluhan Hygiene Sanitasi Makanan dan Pengolahan Makanan yang Sehat dan Tepat di Desa Handil Bakti Kecamatan Palaran Kota Samarinda. J Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2022;2(2):85–8. Tersedia pada: https://e-journals2.unmul.ac.id/index.php/abdimasfkm/article/view/99




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v43i1.10826

Article Metrics

Abstract view : 57
Download PDF : 22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License