ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RISIKO KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA DI KABUPATEN KUDUS

Kholishatul Hikmah

Abstract


Data balita mengalami keterlambatan perkembangan di Kudus sebanyak 186 kasus  (0,2 %). Banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap keterlambatan perkembangan anak  perlu analisis agar sumber daya manusia di Indonesia lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan faktor pranatal, perinatal dan pascanatal merupakan faktor risiko terjadinya keterlambatan perkembangan anak balita.

Jenis penelitian observasional dengan rancangan kasus kontrol. Populasi semua balita usia 36-60 bulan yang mengalami keterlambatan perkembangan, Populasi kontrol semua balita usia 36-60 bulan yang perkembangannya normal, jumlah sampel 35 kasus dan35 kontrol. Faktor risiko yang diteliti riwayat status umur ibu risiko tinggi saat hamil, riwayat status gizi ibu dengan KEK saat hamil, Riwayat frekuensi kunjungan ANC yang ≤ 4x,  riwayat masa gestasi ≤ 37 minggu dan ≥ 42 minggu , riwayat persalinan dengan tindakan,riwayat berat badan lahir tidak normal, riwayat status gizi balita kurang, Riwayat tidak diberikannya ASI eksklusif. Pengumpulan data dengan pengisian kuesioner, penilaian perkembang-an balita dengan KPSP.

Data dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat. Faktor risiko yang bermakna adalah riwayat status umur risiko tinggi ibu saat hamil (p-value ≤ 0,05) dengan nilai OR 11,8, dan riwayat tidak diberikan ASI eksklusif dengan nilai p 0,016 dan OR= 3,3. Sedangkan analisis multivariat menunjukkan bahwa faktor riwayat umur ibu risiko tinggi saat hamil dengan B 2,137 Adjusted OR 8,476, CI 0,53 dan p-value 0,969-74,177.

Kesimpulan faktor risiko riwayat umur ibu risiko tinggi saat hamil dan riwayat tidak diberikannya ASI eksklusif adalah yang terbukti merupakan faktor risiko terjadinya keterlambatan perkembangan balita di Kabupaten Kudus. Saran kepada ibu perlu mempersiapkan diri dari mulai kehamilan dan memperhatikan perkembangan anaknya dengan memeriksakan ke tenaga kesehatan secara rutin, sehingga deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan balitanya dapat terpantau.


Keywords


Faktor risiko, keterlambatan perkembangan balita

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31983/jkb.v5i10.987

Article Metrics

Abstract view : 367
Download PDF : 3495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

Creative Commons License

Jurnal Kebidanan by http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats