The Utilization of KIA Book in Padasuka Village in Sukarame Community Health Center

Fenty Agustini, Tupriliany Danefi

Abstract


Pada tahun 2018 di Wilayah Kerja Puskesmas Sukarame terdapat 4 kasus kematian ibu dan 6 kasus kematian bayi. Salah satu faktor penyebab tidak langsung dari kematian ibu yaitu terlambat mengetahui tanda bahaya kehamilan. Salah satu upaya untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan pemanfaatan buku KIA. Saat ini persebaran buku KIA di Indonesia sudah mencapai 94%. Akan tetapi meskipun data survei kesehatan nasional (Sirkesnas) 2016 menunjukkan sebanyak 81,5% ibu hamil telah memiliki buku KIA, hanya 60,5% di antaranya yang bisa menunjukkan dan hanya sebanyak 18% buku KIA yang terisi lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemanfaatan buku KIA oleh ibu balita. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan buku KIA di Desa Padasuka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar persepsi buku KIA pada  ketegori positif yaitu  92,31%,  membawa buku KIA ke fasilitas kesehatan pada  kategori bawa sebesar  61,54%, membawa buku KIA ke posyandu  100%, menjaga Buku KIA pada  kategori terawat sebesar  62,82 %, bertanya apabila ada yang kurang jelas dari buku KIA untuk kategori bertanya sebesar  73,08 %, pengetahuan kategori baik sebesar  33,33 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagin besar ibu sudah memanfaatkan buku KIA meliputi persepsi positif terhadap buku KIA, membawa buku KIA ke posyandu dan membawa buku KIA ke pelayanan kesehatan lain, kondisi buku KIA terawat, bertanya kepada petugas kesehatan, akan tetapi sebanyak 66,67% tidak membaca buku KIA terbukti dari pengetahuan ibu sebanyak 66,67% termasuk kategori kurang.

Keywords


Utilization; KIA book; mothers of toddlers

Full Text:

PDF

References


Survey Demografi Kesehatan Indonesia, “Survey Demografi Kesehatan Indonesia,” Jakarta, 2012.

K. RI, “Kesehatan Dalam Kerangka Sustainable Development Goals (SDGs),” Jakarta, 2015.

A. Wiratih, “Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Buku Kesehtan Ibu Dan Anak (KIA) di BPS Titik Desa Padas Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2013.,” J. Keperawatan., vol. 1, no. 2, 2013.

M. D. dr. D. O. Moegni, Prof. dr. Endy, Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar Dan Rujukan. Jakarta: UNFPA, Unicef, USAID, 2013.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, “Riset Kesehatan Dasar,” Jakarta, 2010.

Suryani, “Hubungan pengetahuan dan status ekonomi dengan status gizi ibu hamil di Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi,” 2009.

B. P. P. K. K. K. R. SIRKESNAS, “Survei Indikator Kesehatan Nasional,” Jakarta, 2016.

D. K. KabupatenTasikmalaya, “Profil Dinas Kesehatan Tasikmalaya,” 2016.

K. K. RI, “Petunjuk Teknis Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak,” Jakarta, 2015.

S. Isaranurug, “Maternal and Child Health (MCH) Handbook in The Word Maternal and Child Health Handbook in Thiland,” J. Int. Heal. ASEAN Inst. Heal. Dev. Mahidol Univrsity, Thail., vol. 24, no. 2, 2009.

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta, 2010.

Musdalina, “Hubungan Karakteristik Dan Persepsi Ibu Tentang Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) Dengan Pemanfaatan Buku KIA Pada Pelayanan Antenatal Care (ANC) Di Puskesmas Stabat Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat,” 2015.

Azwar, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.

Y. Baiquni, Nakamura, “Is Maternal and Child Helath Handbook Effective? Meta–Analysis of The Effects of MCH Handbook,” J. Int. Heal., vol. 27, no. 2, 2012.

S. Notoatmodjo, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta, 2007.

Nursalam, Pendekatan Praktis Metode Riset Keperawatan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2013.

A. D. Wawan, Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika, 2010.

C. E. A. Sistiarani, “Fungsi Pemanfaatan Buku KIA Terhadap Pengetahuan Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Ibu Function Of Utilization Maternal Child Health Book To Maternal Knowledge’,” J. Kesehat. Masy. Nas., vol. 8, no. 8, pp. 353–358, 2014.




DOI: https://doi.org/10.31983/jkb.v11i1.6471

Article Metrics

Abstract view : 377
Download PDF : 572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

Creative Commons License

Jurnal Kebidanan by http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats