Effectiveness Of 3d Story Telling Video As an Effort to Form Teeth-Brushing Skills in Elementary School Children in Padangsari, Banyumanik, Semarang

Sariyem sariyem, Sadimin Sadimin, Bambang Sutomo

Abstract


Abstrak

Kesehatan gigi merupakan bagian integral dari kesehatan secara umum, artinya orang yang sakit gigi akan terganggu kesehatan secara umum. Masalah gigi yang banyak dikeluhkan oleh anak-anak maupun orang dewasa adalah gigi berlubang dan peradangan gusi. Keberhasilan dalam upaya penyuluhan kesehatan gigi pada anak sekolah tidak terlepas dari metode pendidikan dan pentingnya peran sebuah media. Media Pembelajaran Tiga Dimensi adalah media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana pun dapat diamati bentuknya secara keseluruhan sehingga membangkitkan rangsangan indra penglihatan, pendengaran, perabaan atau kesesuainnya dengan tingkat hirarki belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media video tiga dimensi sebagai upaya membentuk ketrampilan menggosok gigi pada anak sekolah dasar.

Jenis penelitian ini adalah analitik dengan metode eksperimen semu dan rancangan pretest and postest design Teknik pengambilan total sampling yaitu 50 anak usia sekolah dasar di desa Padangsari. Penelitian ini menggunakan analisis data univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon. Proses penelitian yaitu peneliti sebelum mengambil data terlebih dahulu merancang desain media video 3 dimensi cara menggosok gigi, selanjutnya media video 3 dimensi di uji kelayakan oleh ahli media, selanjutnya media tersebut di intervensikan ke responden yaitu anak usia sekolah dasar di desa Padangsari Banyumanik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan gigi mengunakan media video yaitu 0,001 Nilai Sig (p<0,05), hal tersebut menunjukan terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan video 3D story telling. Media video 3D story telling efektif meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak sekolah dasar di desa Padangsari.

 


Keywords


Kata Kunci: Media video, 3D, story telling, Ketrampilan menggosok gigi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agusta, MVR, Ismail. AAK, Firdausy MD. 2015. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dengan Kondisi Oral Hygiene Anak Tunarungu Usia Sekolah (Studi pada Anak Tunarungu Usia 7-12 tahun di SLB Kota Semarang). Jurnal Media Dental Intelektual (Medali) Unisula Semarang. Vol. 2 No 1. 2015. ISSN 2460-4151

Arianto, Shaluhiyah Z dan Nugraha P, 2017. Perilaku Menggosok Gigi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V dan VI di Kecamatan Sumberejo. Jurnal promosi kesehatan Indonesia Vol. 9 / No. 2

Atsani LGMH, 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19Jurnal Studi IslamVol.1 No.1

Crysty, 2012. Gambaran Status Periodontal dan Kebutuhan Perawatan Anak Osia SekolahDo SekolahLuar Biasa GMIM Damai Tomoho.Jurnal Kedokteran Gigi. FKGUNSRAT. Menado

Damafitra, L. 2012. Efektivitas Video Dan Bahasa Isyarat Sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Penderita Tunarungu. http://repository.unej.ac.id/123456789/66743. diakses tanggal 12 Juli 2021

Dini, 2014. Penggunaan Audio Lingual Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Tunarungu. Jurnal Kedokteran Gigi. FKG UNPAD. Surabaya

Fatmasari, D, Rasipin, Santoso, B, Supriyana, Utami, W, J, D,. (2019). Mogigu (menggosok gigi asyik dengan lagu) to increase brusing teeth of the elementary school. Poltekkes Kemenkes Semarang

Hardianti, 2017. Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Simulasi dan Audiovisual terhadap Tingkat Keterampilan Menggosok Gigi Pada Murif SD Inpres Cambaya IV. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Alauddin Makasar.

Harsono, B, Soesanto, Samsudi, 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem REM. Jurnal PTM Volume 9, NO. 2, Desember 2009. ISSN:1412-1247 . P. 71-19

Hastuti, S. dan Andriyani, A. 2010. Perbedaan Pengaruh Pedidikan Kesehatan Gigi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Pada Anak Di Sd Negeri 2 Sambi Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Jurnal ilmu Kesehatan. GASTER, Vol. 7, No. 2 Agustus 2010 (624-632). Prodi S 1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Surakarta

Hernawati, T. 2007. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu. Jurnal Jassi_anakku, Volume 7 Nomor 1 Juni 2007 hal. 101-110. Jur PLB FIP UPI

Imamah, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 1 (1) (2012) 32-36

Kemendikbud, 2020, Surat Edaran Mendikbud N0 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Jakarta

Kemenkes RI, 2019, Laporan Nasional Riskesdas 2018, Badan Penelitian dan Pengembangan Nasional, Jakarta

Koch G, P. 2006. Pediatric Dentistry a Clinical Approach. Blackwell Munksgaard: Copenha gen.

Krista. 2005. Gambaran Oral Higiene Dan Karies Gigi Pada Anak Sekolah Tunarungu Dan Tidak Tunarungu Kelompok Usia 11-12 Tahun Dan 14-16 Tahun. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/8148. Diakses tanggal 23 Pebruari 2016

Kwan, SYL; Peterson, PE, CM and Boruta, A. 2005, Health Promoting Schools; an opportunity oral health promotion. Bulettin of WHO, September, 83 (9): 677-555.

Erik. L, 2014. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene SiswaSD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo. Program studi ilmu keperawatan sekolah tinggi ilmu kesehatan aisyiyah yogyakarta.

Muthia, F, Fitriangga, A dan Yanti, S, N,. (2016). Perbedaan efektifitas penyuluhan kesehatan menggunakan metode ceramah dan media audio visual (film) terhadap pengetahuan santri Madrasyah Aliyah Pesantren Khulafaur Rasyidin tentang TB Paru tahun 2015. Jurnal Cerebellum , November Vol. 2 No. 4

Niken, S, W. 2011, Pengantar Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan, FK UGM, Yogyakarta

Notoadmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Norahmasari, D. 2014. Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak Yang Mengalami Tunarungu. Jurnal Online Psikologi Vol. 02 No. 02, Thn. 2014 http://ejournal.umm.ac.id. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang

Nurhidayat , O. Tunggul EP, Wahyono Bambang . 2012. Perbandingan Media Power Point Dengan Flip Chart Dalam Meningkatkan Pengetahuankesehatan Gigi Dan Mulut. Unnes Journal of Public Health 1 (1) (2012). ISSN 2252-6781 Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Yulinda, A, dan Fitriyah, N,2018. Efektifitas penyuluhan metode ceramah dan audio visual dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang Sadari di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes, Desember Vol.6. No.2




DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v10i1.9360

Article Metrics

Abstract view : 170
Download PDF : 485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Gigi (p-ISSN: 2407-0866 e-ISSN: 2621-3664), is published by Jurusan Kesehatan Gigi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50268 Telp./Fax: (024) 7471276.

Find us on : Instagram, Facebook

Abstracted/Indexed by:

 

View My Stats