STUDI PEMAHAMAN VISI MISI INSTITUSI DAN PENELURUSAN KESESUAIAN KOMPETENSI PADA ALUMNI JURUSAN KEPERAWATAN GIGI POLTEKKES KEMENKES SEMARANG TAHUN 2010 – 2016

Sulur Joyo Sukendro, Sariyem Sariyem, Endah Aryati Eko Ningtyas

Abstract


ABSTRAK

PoliteknikKesehatanKemenkes Semarang (Poltekkes Semarang)adalah unit pelaksana teknis Kementerian Kesehatan RI yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan. Jurusan Keperawaan Gigi Semarang mempunyai program studi D III Keperawatan Gigi dan program studi D IV Keperawatan Gigi danmenghasilkantenagakesehatan yang berdayasaingtinggi. Dokumentasiuntukmelacak alumni Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Semarang belumdilaksanakansecara optimal. Hal ini terjadi karena pelacakan alumni membutuhkan sumberdaya dan sumberdana yang cukup besar, oleh sebab itu perlu dilakukan kegiatan pelacakan alumni dan pemahaman visi misi institusi dan kesesuaian kompetensi pada alumni.

Tujuandaripenelitian iniadalahmemetakanposisilulusandalam dunia kerja, proses dan riwayat pekerjaan, pemahaman visi dan misi lembaga, peta kesenjangankompetensilulusandengantuntutan dunia kerja dan dayaserap, sertakesesuaiankompetensibidangilmudenganbidangpekerjaan. Tahapankegiatan yang dilakukandalampelaksanaan pemetaan karakterisik alumni meliputi 4 (empat) tahapyaitutahappersiapan, tahappelaksanaan, tahapanalisa dan tahapevaluasi/tindaklanjut.

Metode yang digunakandalampelacakanadalahmelaluikuesioneronlineberbantu SMS Gateway, jejaring media social (Whatsapp Group, Facebook Group, BBM group, Line, email). Diharapkanseorang alumni perwakilanangkatan 2010-2016 sebagaipioneer yang akanmengajaktemannyadalam group untukikutberpartisipasi. Pemberian reward berupapaket pulsadigunakanuntukmeningkatkanresponse rate.  Data yang didapatkanakandianalisasesuaidenganindikator yang telahditentukansehinggadiharapkanmampumenghasilkanlaporan dan kesimpulanterkait data lulusan.

Hasil penelitian yaitu Visi Misi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang perlu diberikan pemahaman kepada alumni pada kegiatan-kegiatan lembaga atau pada saat seminar yang dihadiri alumni. Rata-rata lama waktu tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan pertama pada tahun 2010-2016 yaitu kurang dari 3 bulan dengan persentase sebesar 59% dan yang menunggu >12 bulan dengan persentase sebesar 1,9%.  Jenis pekerjaan alumni yang sesuai yaitu 85% bekerja terapis gigi dan mulut. Tempat kerja alumni 52% di Instansi pemerintah dan rumah sakit, 29%bekerja di Klinik Gigi Bersama atau Pribadi. Rata-rata penghasilan atau gaji alumni yaitu 78,7% masih dalam kategori rendah dan sangat rendah.

Kesimpulanpenelitian ini adalah perlu lembaga memperhatikan masukan alumni terhadap kemampuan pada saat lulus maupun upaya peningkatan kemampuan sesuai kebutuhan di lapangan kerja.

 


Keywords


Penelusuran, Alumni, Jurusan Keperawatan Gigi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2007. Buku V: Pedoman Penilaian Portofolio Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, BAN-PT.

Hernawan, A.H. 2002. Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Rineka Cipta.

Margono, S. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 106

Mendiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Jakarta:

Mendiknas. . 2005. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Mendiknas.

Nasution, S. 2003. Asas-asas Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara.

Nazir, M. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

SEARCA. 2008. Tracer Study on SEARCA Fellows and UC Grantees. http://aau.org/studyprogram/web/scholarship. 24 Agustus 2008.

Setiawan, B., Muntaha, A. 2000. Metode Penelitian Komunikasi II. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sudjana, N. 2005. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Zembere, S.N., Chinyama, MPM. 2008. The University of Malawi Graduate Tracer Study 1996. http://aau.org/studyprogram/notpub. 24 Agustus 2008




DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v4i2.6582

Article Metrics

Abstract view : 180
Download PDF : 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Gigi (p-ISSN: 2407-0866 e-ISSN: 2621-3664), is published by Jurusan Kesehatan Gigi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50268 Telp./Fax: (024) 7471276.

Find us on : Instagram, Facebook

Abstracted/Indexed by:

 

View My Stats