PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PHBS CARA MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PANTI ASUHAN TARBIYATUL HASANAH GEDAWANG, BANYUMANIK, KOTA SEMARANG
Abstract
Abstrak
PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan, termasuk diantaranya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Panti Asuhan Tarbiyatul Hasanah Gedawang, Banyumanik, Kota Semarang
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi-experimental dengan pendekatan one group pretest posttest design, Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah santri di Panti Asuhan Tarbiyatul Hasanah Gedawang, Banyumanik, Kota Semarang sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Analisis data dengan menghitung distribusi frekuensi dan uji statistik Wilcoxon Test dengan bantuan program SPSS
Tingkat pengetahuan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan gigi mayoritas berada pada kategori cukup 18 responden (60%), sesudah diberikan pendidikan kesehatan gigi mayoritas berada pada kategori baik 27 responden (90%). Hasil uji statistik menggunakan wilcoxon didapatkan nilai P-value 0,000 yang berarti P<0,05 artinya pendidikan kesehatan gigi dengan menggunakan video efektif meningkatkan pengetahuan santri tentang PHBS cara menjaga kebersihan gigi dan mulut
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
(1) Yanping Z, et al. (The Novel Coronavirus Pneumonia Emergency Response Epidemiology Team) (17 Februari 2020)."Karakteristik Epidemiologis Wabah Penyakit Coronavirus Novel 2019 (COVID-19) —China, 2020" . China CDC Weekly .Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok . 2 (8): 113–122. Diarsipkan dari yang asli pada 19 Februari 2020 .Diakses pada 27 April 2020 .
(2) Mehta, Puja; McAuley, Daniel F .; Brown, Michael; Sanchez, Emilie; Tattersall, Rachel S .; Manson, Jessica J. (28 Maret 2020)."COVID-19: pertimbangkan sindrom badai sitokin dan penekanan kekebalan" . Lancet . 395 (10229): 1033–1034. doi : 10.1016 / S0140-6736 (20) 30628-0 . ISSN 0140-6736
(3) Lauer, Stephen A .; Grantz, Kyra H.; Bi, Qifang; Jones, Forrest K .; Zheng, Qulu; Meredith, Hannah R .; Azman, Andrew S .;Reich, Nicholas G .; Lessler, Justin (10 Maret 2020). "Masa Inkubasi Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) Dari Kasus yang Dikonfirmasi secara Publik: Estimasi dan Aplikasi" . Annals of Internal Medicine . doi : 10.7326 / M20-0504 . ISSN 0003-4819 . PMC 7081172 . PMID 32150748 . Diarsipkan dari yang asli pada 24 Maret 2020 . Diakses pada 24 Maret 2020
(4) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
(5) Dewi W. R, S., & Muhibuddin, N. (2015). Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah dan penggunaan leaflet terhadap pengetahuan dan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sd. Jurnal sain med vol. 7, no. 1, 30-35
(6) Aeni, Q. (2015). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode pemutaran video tentang PHBS cuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap. Jurnal keperawatan vol. 7, no. 2, 1-5.
(7) KEMENKES. (2018). Riset kesehatan dasar 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
(8) Indahwati, Mantik, dan Gunawan. 2015. Perbandingan Status Kebersihan Gigi dan Mulut pada Anak Berkebutuhan Khusus SLB-B dan SLB-C Kota Tomohon. Jurnal e-Gigi. Vol 3. No 2. Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado.
(9) Prasko, Bambang Sutomo, Bedjo Santoso,. 2016. Penyuluhan Metode Audio Visual Dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi Vol.03 No.2, Desember 2016
(10) Rahayu, E.M,. 2005, Pengaruh Pendidikan kesehatan gigi dan mulut terhadap pengetahuan dan sikap anak kelas V di SD Muhammadiyah Wirobrajan Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan, Yogyakarta: UMY
(11) Notoatmodjo S. 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. PT Rineka Cipta. Jakarta.
(12) Notoatmodjo S, 2015, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta
(13) Edyati, L. (2015). Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media video terhadap pengatuan dan sikap personal hygiene siswa sd negeri 1 kepek pengasih kulon progo. Jurnal keperawatan stikes 'aisyiyah. 3-19.
(14) Kholishah, Z., Isnaeni, Y., & Suratini. 2017. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan video animasi terhadap praktek gosok gigi pada anak kelas iv dan v di sdn 1 bendungan temanggung. Jurnal Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
(15) Notoatmodjo, S. 2012. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
(16) Damafitra, L. 2015. Efektifitas Video dan Bahasa Isyarat Sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Penderita Tunarungu. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Jember. http://respository.unej.ac.id/handle/ 12345678/66743.
(17) Fastabiqul Hanif, Prasko,. 2018. Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video Dan Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi Vol.05 No.2, Desember 2018
(18) Kantohe, Z. R, Paulina N, Vonny N. S,. 2016. Perbandingan Manfaat Pendidikan Kesehatan Gigi Menggunakan Media Video Dan Flipchart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak. Jurnal e-Gigi, Vol 4 No 2: 99
(19) Tandilangi, M. Mintjelungan, C. Wowor, V. 2016. Efektivitas Dental Health Education Dengan Media Animasi Kartun Terhadap Perubahan Perilaku Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi (eG). Vol.4, No.2 : 107
(20) Mubarak, W. I., Chayatin, N., Rozikin, K., & Supriadi. 2007. Promosi kesehatan: sebuah pengantar proses belajar dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
(21) Kholishah, Z., Isnaeni, Y., & Suratini. 2017. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan video animasi terhadap praktek gosok gigi pada anak kelas iv dan v di sdn 1 bendungan temanggung. Jurnal Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
(22) Listyarini, A. D. 2017. Penyuluhan dengan media audio visual meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah. Jurnal stikes cendekia utama kudas. 112-117.
(23) Maulana, H. D. 2014. Promosi kesehatan. Jakarta: EGC.
DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v8i1.6538
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats |