Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas
Abstract
Salah satu bentuk evaluasi penerapan SIMPUS adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pengguna. Puskesmas Karangtengah telah menerapkan SIMPUS sejak tahun 2009, namun dalam prosesnya SIMPUS di Puskesmas Karangtengah belum berjalan dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan petugas ditinjau dari lima dimensi pada metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Metode penelitian yang digunakan adalah survey observasional, dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian sebanyak 30 orang petugas yang diambil secara total sampling, Data diolah menggunakan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan dari lima aspek EUCS rata-rata petugas berada pada kategori puas, namun untuk aspek Keakuratan (akurasi) dan Kemudahan penggunaan (kemudahan penggunaan) masih terdapat 10 petugas (33,3%) yang merasa tidak puas. Sebanyak 8 responden (26,6%) memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap SIMPUS, 11 responden (36,7%) memiliki tingkat kepuasan sedang dan 11 responden (36,7%) memiliki tingkat kepuasan yang rendah terhadap SIMPUS. Tidak dapat disangkal bahwa petugas Puskesmas Karangtengah belum puas terhadap SIMPUS, terutama pada aspek keakuratan dan kemudahan penggunaan. Disarankan untuk meningkatkan kualitas Sistem Informasi Manajemen Puskesmas, khususnya pada aspek keakuratan data yang dihasilkan, kemudahan penggunaan bagi petugas dan penambahan kapasitas server.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aggelidis, V. P. and Chatzoglou, P. D. (2012) ‘Hospital information systems: Measuring end user computing satisfaction (EUCS)’, Journal of Biomedical Informatics, 45(3), pp. 566–579. doi: 10.1016/j.jbi.2012.02.009.
Alfiansyah, G. et al. (2020) ‘Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo’, Journal of Health Research Forikes Voice, 11(3), pp. 258–263. Available at: http://forikes-ejournal.com/index.php/SF.
Depkes RI (2004) ‘Kepmenkes No. 128 Tahun 2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat’. Jakarta.
Karimi, Faezeh. et al. (2015) 'Clinical Information Systems End User Satisfaction : The Expectations and Needs Congruencies Effects', Journal of Biomedical Informatics, 53(2015), pp. 342-354. doi: 10.1016/j.jbi.2014.12.008
Kemenkes RI (2019) ‘Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas’. Jakarta.
Kroenke, David M., (2011) 'Using Managemet Information System (MIS)', third edition, New Jersey: Prentice Hall.
Kuo, Kuang-Ming. et al. (2018) 'Strategic Improvement for Quality and Satisfaction of Hospital Information Systems', Journal of Healthcare Engineering, 2018. pp. 1-14. doi: 10.1155/2018/3689618
Pawirosumarto, Suharno. (2016) 'Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning', Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3). pp. 416-433.
Prasetyowati, Asih and Kushartanti, Roro. (2018) 'User Satisfaction Analysis of Primary Care Information Systems in Semarang City with EUCS Model', Unnes Journal of Public Health, 7(2). pp. 120-125.
Saghaeiannejad-Isfahani, Sakineh. et al. (2014) 'A Survey on the Users’ Satisfaction with the Hospital Information Systems (HISs) based on DeLone and McLean’s Model in the Medical-Teaching Hospitals in Isfahan City', Journal of Academy of Mdical Sciences of Bosnia and Herzegovina, 22(3). pp. 179-182. doi: 10.5455/aim.2014.22.179-182
DOI: https://doi.org/10.31983/jrmik.v4i1.6789
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (p-ISSN: 2622-1863 e-ISSN: 2622-7614), is published by Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)76479188 Public Services : e-mail: jurnalrmik2018@gmail.com
|
---|