GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER PAYUDARA TERHADAP KEMOTERAPI

Sumarni ., Hartati ., Supriyo ., Afiyah Sri Harnany

Abstract


Latar Belakang: Ca mamae atau Kanker payudara merupakan penyakit keganasan yang paling banyak menyerang wanita. Berdasarkan data yang diperoleh dari bagian Rekam Medik RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan pada tahun 2016 terdapat 1,37 % pasien dari keseluruhan jumlah pasien penyakit dalam mengalami kanker payudara. Data jumlah pasien kanker payudara pada bulan Januari 2018 sebanyak 96 pasien , jumlah ini meningkat jika dibandingkan bulan Desember 2017 sebanyak 62 pasien. Salah satu penatalaksanaan kanker payudara yang dapat dilakukan adalah dengan kemoterapi. Kanker payudara dan penanganannya selain memberikan dampak fisik tetapi juga dampak psikis terhadap penderitanya. Dampak psikis tersebut antara lain perasaan kecemasan. Keadaan cemas yang terlalu sering dialami berakibat tidak baik, karena akan mempengaruhi system kekebalan tubuh pasien tersebut.

Tujuan penelitian: untuk mengetahui tingkat kecemasan pasien kakner payudara yang akan menjalani kemoterapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif.

Metode: Populasi penelitian adalah penderita kanker payudara yang akan menjalani kemoterapi di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Sampel penelitian penderita kanker payudara yang akan menjalani kemoterapi. Teknik sampling dengan Consecutive sampling dengan jumlah sampel 20 responden. Instrumen yang digunakan lembar pengukuran tingkat kecemasan.

Hasil: didapatkan data 55 % responden berumur > 50 tahun, 35 % responden mempunyai riwayat keluarga menderita kanker payudara, responden yang akan menjalani kemoterapi rata – rata mengalami kecemasan dengan skor 43 (ansietas ringan dengan skor maksimal).

Saran: perlu penelitian lebih lanjut untuk menguji tindakan yang dapat mengurangi kecemasan pada pasien Ca mamae yang akan menjalani kemoterapi.

Kata kunci : tingkat kecemasan, kemoterapi, kanker payudara


Full Text:

PDF

References


Albarizi (2016) Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pada Aggauta Keluarga Yang Menderita Katarak Di Wilayah Kerja Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember, Universitas Jember Digital Repository. dari (http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75913)

Faizatur Rohmi dkk (2015),Pengaruh Psikoedukasi Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Dan Kemampuan Keluarga Dalam Merawat Penderita TB di Puskesmas Sumber manjing Wetan Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang The Indonesia Journal Of Health Science Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember Vol 5 no 2 2015, ) dari http://jurnal.unmuhjember.ac.i d/index.php/TIJHS/article/vie w/44/39

Badriah, Dewi Lelatul. 2012. Metodologi Penelitian Ilmu- Ilmu Kesehatan. Bandung: Multazam

Kemenkes RI,2015. Panduan Program Nasional Gerakan Pencegahan Dan Deteksi Dini Kanker .Kemenkes RI.Jakarta.

Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pamungkas, Zaviera. 2011. Deteksi dinI kanker payudara. Jogjakarta: Buku Biru

Peni Kuswita dkk (2013) Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Kanker payudara DiRSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang ,Jurnal Keperawatan Bina Husada Volume 1 No. 2 Desember 2013 dari http://eprints.unsri.ac.id/5666/ 2/jurnal_binhus_1-jaji.pdf.

Purwanto Teguh.(2015).Buku Ajar Keperawatan Jiwa .Yogyakarta.Pustaka Pelajar

Rachmaniah, D. (2012). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Kecemasan dan Koping Orang Tua dalam Merawat Anak dengan Thalasemia Mayor di RSU Kabupaten Tangerang Banten. Universitas Indonesia: Tesis.

Rekam medik RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan 2017.

Suryani dkk (2016) Psikoedukasi Menurunkan Tingkat Depresi,S tress Dan Kecemasan Pada Pasien Tuberkuosis Paru,Jurnal Ners Vol 11 No. 1 April 2016 Fakultas Keperawatan UNPAD

Tetti Solehati, Eli Kosesih, (2015). Konsep Dan Aplikasi Relaksasi Dalam Keperawatan Maternitas. PT.Refika Aditama.Bandung




DOI: https://doi.org/10.31983/jlk.v3i2.9267

Article Metrics

Abstract view : 873
Download PDF : 617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Lintas Keperawatan (JLK) is published by Prodi Diploma III Keperawatan Pekalongan, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan Telp. (0285) 421642-429373, Fax. (0285) 421642 Email : d3keperawatan-pkl@poltekkes-smg.ac.id.

Jurnal Lintas Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats