STUDY KASUS : ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA ANAK DENGAN DENGUE HEMORRHAGIC FEVER (DHF)

Amilah Toyyibah, Mardi Hartono, Petrus Nugroho Djoko Santoso, Sudirman Sudirman

Abstract


Latar belakang : Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) yaitu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti, yang mengakibatkan demam tinggi secara mendadak disertai perdarahan dan menyebabkan risiko syok serta kematian. Penyakit DHF sering menyerang anak berusia <15 tahun. Pada umumnya pasien anak belum kooperatif sehingga efisien yang dilakukan untuk memenuhi rehidrasi yaitu hospitalisasi. Hospitalisasi pada anak memunculkan reaksi psikologis berupa ansietas.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan serta membahas asuhan keperawatan Ansietas pada anak yang dirawat di Rumah sakit dengan Dengue Hemorrhagic Fever (DHF).

Metoda : Metode yang digunakan dalam memberikan asuhan keperawatan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan pada tanggal 10 - 12 April 2023 dengan pendekatan studi kasus (case study) dan menggunakan proses pendekatan keperawatan. Sampling yang digunakan meliputi 2 pasien anak. Penelitian ini menggunakan 2 subjek yang telah sesuai dengan kriteria inklusi..

Hasil : Setelah dilakukan asuhan keperawatan kompres hangat pada kedua responden selama 3 x 24 jam pada kedua responden didapatkan hasil, kedua responden Pada pasien An. A dan Pasien An. F mengalami penurunan skor kecemasan yang membuktikan setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 hari kecemasan pasien anak teratasi.

Simpulan : berdasarkan hasil dan pembahasan pada asuhan keperawatan ansietas selama 3 hari pada pasien An. A dan pasien An. F masalah teratasi.

Kata kunci : Dengue Hemorrhagic Fever (DHF), Ansietas, Terapi bermain Puzzle

Full Text:

PDF

References


Alini. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Plastisin (Playdough) Terhadap Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah (3-6 tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Perawatan Anak RSUD Bangkinang Tahun 2017. Jurnal Ners , 1-10.

Dian Hadinata, A. J. (2022). MetodologiKeperawatan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. (2020). Profil Kesehatan Kota Pekalongan.

Fanilia Sabela, S. R. (2021). Gambaran Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas

Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan , 642-647.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.

Novi Puji Lestari, R. D. (2021). Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Demam Typhoid Dalam Pemenuhan Kebutuhan Rasa Aman Nyaman:Ansietas.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia Definisi dan Tindakan Keperawatan. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.

Silva Rebica Agustin, W. H. (2020). Asuhan Keperawatan pada An. N Usia Sekolah dengan Demam Berdarah Dengue Derajat I di Ruang Kemuning Rsud Gunung Jati Cirebon. Jurnal Ilmiah Akper Buntet Pesantren Cirebon Vol 4 No.2 , 105-115.

Wong, DL. Keperawatan Pediatric, 2018




DOI: https://doi.org/10.31983/jlk.v4i2.10671

Article Metrics

Abstract view : 477
Download PDF : 475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Lintas Keperawatan (JLK) is published by Prodi Diploma III Keperawatan Pekalongan, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan Telp. (0285) 421642-429373, Fax. (0285) 421642 Email : d3keperawatan-pkl@poltekkes-smg.ac.id.

Jurnal Lintas Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats