PERAN ORANG TUA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI

Romdiyah Romdiyah, Nazilla Nugraheni

Abstract


Remaja merupakan masa peralihan dan rentan terhadap berbagai faktor ekternal dan internal yang berakibat melakukan perilaku negatif dan tidak sehat secara fisik, mental atau sosiaL. Data di Indonesia jumlah remaja usia 14-19 tahun melakukan aborsi sebesar 20% dan kejadian kehamilan yang tidak di inginkan sejumlah 19,6%. Tujuan penelitian mengetahui hubungan pengetahuan, sikap remaja tentang kesehatan reproduksi dengan peran orang tua. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Artikel ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ada 65 remaja putri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam kesehatan reproduksi remaja dalam kategori baik, pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dalam kategori baik, sebagian besar sikap reponden dalam kesehatan reproduksi adalah positif. Ada hubungan antara umur dengan peran orang tua, dan ada hubungan antara pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan peran orang tua.


Keywords


Pengetahuan; sikap; remaja; orang tua

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, E., Luthviatin, N., & Rokhmah, D. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Tentang Pendidikan Seks dengan Tindakan Orang tua dalam pemberian Pendidikan Seks pada Remaja. In Universitas Jember.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2012). Profil Hasil Pendataan Keluarga 2011. Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Direktorat Pelaporan Dan Statistik.

Hasri, L. J. Y. (2014). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) pada Siswa Kelas IV dan V di SD N Tuguran Gamping Sleman. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta. http://eprints.ums.ac.id/50151/2/NASKAH PUBLIKASI 2 - fix1_____ bgt.pdf

Infodatin Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. In Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Kurnia Sari, D., & Taviv, Y. (2010). Komunikasi Orang Tua dan Perilaku Seksual Remaja Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Baturaja. In Jurnal Pembangunan Manusia (Vol. 4, Issue 11).

L., S. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Remaja di SMK Kesehatan Kabupaten Bogor Tahun 2011.

Laksmiati, A. (2011). Transformasi sosial dan perilaku reproduksi remaja. Unud.

Lutfianawati, D.&Ananingsih, I. (2014). Hubungan Peran OrangTuadengan Sikap Remaja tentangSeks Bebas. Jurnal Ners DanKebidanan.

Notoadmojo. (2010). Ilmu PerilakuKesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Renika Cipta.

Ratnasari, D. R. (2016). HubunganPeran Orang Tua denganPengetahuan Remaja Putri tentang Perubahan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sabela, Z., & Dkk. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap Mengenai Seksualitas dan Paparan Media Sosial dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di Beberapa SMA Kota Semarang Triwulan II Tahun 2017. In jurnal kesehatan masyarakat.

U. Zakiah. (2020). Gambaran Kehamilan Remaja Ditinjau dari Umur. CHMK Midwifery Scientific Jurnal.

Yulrina Ardhiyanti. (2013). Pengaruh peran orang tua terhadap pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Pekan Baru.




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v5i1.9747

Article Metrics

Abstract view : 442
Download PDF : 409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.