EVALUASI PELAYANAN KIA-KB

Winnie Tunggal Mutika, Susiyana Susiyana, Annisa Guntari Catur Putri, Amalia Fajar Riyani, Sisi Sadela

Abstract


Puskesmas merupakan salah satu unit pelayanan kabupaten atau kota yang bertanggung jawab dalam pelayanan kesehatan di wilayah kerja tertentu. Upaya penurunan AKI dan AKB yang dilakukan pemerintah adalah pembentukan PONED. Puskesmas Tajurhalang merupakan puskesmas PONED di wilayah Kabupaten Bogor yang memiliki jumlah kasus yang cukup banyak, baik ibu dan bayi baru lahir maupun pasien umum. Tujuan program KIA adalah tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, bagi ibu dan  keluarganya untuk menuju Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) serta meningkatnya derajat kesehatan anak untuk menjamin proses tumbuh kembang optimal yang merupakan landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya. Untuk mengukur keberhasilan suatu kegiatan dilakukan evaluasi. Salah satu tujuan dari evaluasi program KIA adalah untuk memantau perkembangan pelayanan KIA di tempat pelayanan. Dari segi sarana dan prasarana sudah lengkap namun ada beberapa alat yang tidak tersedia. Tidak ada dana operasional khusus yang diberikan untuk kegiatan PONED tetapi dana berasal dari operasional puskesmas dan dari jasa hasil tindakan di PONED, SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk pelayanan obstetric dan neonatal telah terpasang. Sejauh ini sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan baik, sistem pelayanan juga sudah cukup baik akan tetapi karena banyaknya pasien dengan tenaga medis yang kurang maka dalam pemeriksaan kurang menyeluruh, sistem rujukan di Puskesmas Tajurhalang sesuai dengan alur rujukan yang telah di tetapkan, serta terdapat pencatatan pelaporan yang dibuat khusus untuk program PONED, dan diketahui berjalan dengan efektif. Tujuan penelitian evaluasi ini untuk menganalisis kesesuaian sistem pelayanan kesehatan rawat iinap dan PONED di Puskesmas Tajurhalang.Kata kunci : Puskesmas; PONED; KIA-KB

Full Text:

PDF

References


Awadalla, H. I., Kamel, E. G., Mahfouz, E. M., & Refaat, T. M. J. J. o. P. H. (2009). Evaluation of maternal and child health services in El-Minia City, Egypt. 17(5), 321-329.

Desita, U. E. J. J. K. M. U. D. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Obstetri Dan Neonatal Emergensi Dasar (Poned) Di Puskesmas Karang Malang Semarang. 1(2), 18714.

INDONESIA, R. J. J. K. P. B. (2010). Laporan pencapaian tujuan pembangunan milenium Indonesia 2010.

Kemenkes, R. J. J. K. R. (2013). Pedoman penyelenggaraan puskesmas mampu PONED.

Pasha, O., Goldenberg, R. L., McClure, E. M., Saleem, S., Goudar, S. S., Althabe, F., . . . childbirth. (2010). Communities, birth attendants and health facilities: a continuum of emergency maternal and newborn care (the Global Network's EmONC trial). 10(1), 1-9.

Pfitzer, A., Maly, C., Tappis, H., Kabue, M., Mackenzie, D., Healy, S., . . . Ndirangu, G. J. F. (2019). Characteristics of successful integrated family planning and maternal and child health services: findings from a mixed-method, descriptive evaluation. 8.

Putri, A. K., & Sjafi’i, A. J. K. S. U. (2015). Kualitas Pelayanan Puskesmas Wonokusumo Kota Surabaya. 17.

Statistik, B. P. J. B. B. K. B. (2016). Kabupaten Bogor dalam Angka.

Susyanty, A. L., Lestary, H., & Raharni, R. J. I. B. o. H. R. (2016). Pelaksanaan program pelayanan obstetri dan neonatal emergensi dasar (PONED) di Kabupaten Karawang. 44(4), 265-278.

Wijaya, K. (2012). Evaluasi Persiapan Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di Kabupaten Brebes Tahun 2012. Diponegoro University,




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v4i1.8407

Article Metrics

Abstract view : 852
Download PDF : 701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.