GAMBARAN ANTENATAL CARE (ANC) DAN VAKSINASI COVID-19 PADA IBU HAMIL

Lia Aria Ratmawati, Dewie Sulistyorini

Abstract


Pedoman pemeriksaan kehamilan untuk ibu hamil di era pandemi Covid-19meliputi skrining faktor risiko. Ibu hamil diharapkan memahami danmenggunakan isi Buku KIA. Upaya juga dilakukan untuk memvaksinasi ibu hamil dengan COVID-19 untuk melindungi ibu dan bayi dari efek risiko infeksi Covid-19. Tujuan penelitian adalah menggambarkan antenatal care dan vaksinasi covid-19pada ibu hamil. Metodologi yang digunakan jenis penelitian kualitatif denganpendekatan eksploratif. Jenis data yang digunakan adalah data primer denganmengumpulkan dari 8 responden ibu hamil, 8 orang suami dan 1 orang bidan. Pengumpulan data dilakukan dengan membagi link google form. Hasil penelitian, di masa COVID-19 ibu melakukan pemeriksaan hamil secara rutin sesuai trimesternya. Ibu hamil mempelajari dan menerapkan buku KIA dalamkehidupansehari-hari. Mengikuti kelas ibu hamil secara tatap muka dengan menggunakanmasker. Stiker P4K sudah dilakukan pengisian oleh ibu hamil. Ibu jugamelakukan pemeriksaan kehamilan oleh dokter di Puskesmas. Sebelummelakukan kunjungan antenatal ibu sudah membuat janji terlebih dahulu. Ibuhamil sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Kesimpulan adalahpemeriksaan kehamilan yang dilakukan ibu hamil mengalami perubahan dan ibumelakukan vaksinasi covid-19 untuk melindungi diri dan janinnya.

 


Keywords


peneriksaan kehamilan; COVID-19; vaksinasi

Full Text:

PDF

References


Aliyanto, W., & Rosmadewi, R. (2017). Pengetahuan ibu hamil tentang Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4k) pada Antenatal Care. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 10(1), 90–96.

Hanum, R., & Safitri, M. E. (2018). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pemanfaatan buku KIA di puskesmas Namu Ukur. Jurnal Bidan Komunitas, 1(3), 152–160.

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Asuhan Kebidanan Kehamilan. BPPSDM.

Kementrian Kesehatan RI. (2020a). Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas, dan Bayi Baru Lahir di Era Adaptasi Kebiasaan Baru.

Kementrian Kesehatan RI. (2020b). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).

Kementrian Kesehatan RI. (2020c). Protokol Petunjuk Praktis Layanan Kesehatan Ibu Dan Bayi Baru Lahir Selama Pandemi Covid-19.

Lucia, S., Purwandari, A., & Pesak, E. (2015). Pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan tentang persiapan persalinan. Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), 3(1), 61–65.

Mahayati, N. M. D., Hernowo, B., & Judistiani, D. T. (2013). Pengetahuan, sikap, dan praktik penggunaan buku Kesehatan ibu dan anak pada anak umur 3–5 tahun Di kota denpasar. Program Studi Magister Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran ….

Novitasari, R. (2017). Analisis Pelaksanaan Anc Terpadu Dalam Ketepatan Deteksi Dini Penyakit Penyerta Kehamilan Di Puskemas Imogiri 1 Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.

Refiani, D., Dewi, Y. I., & Utami, S. (2021). Gambaran Perilaku Ibu Hamil dalam Melakukan Antenatal Care saat Pandemi Covid-19 di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Kota Pekanbaru. Health Information: Jurnal Penelitian, 13(2).

RSUP Sarjito. (2021). Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil.

Sistiarani, C., Gamelia, E., & Sari, D. U. P. (2014). Fungsi pemanfaatan buku KIA terhadap pengetahuan kesehatan ibu dan anak pada ibu. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 8(8), 353–358.

Tristanti, I., & Kulsum, U. (2021). Potret Perilaku Pemeriksaan Kehamilan Di Masa Pandemi Covid 19. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(1), 17–23.




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v3i2.7937

Article Metrics

Abstract view : 1678
Download PDF : 1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.