PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA E BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN PEMBERIAN MP-ASI

Wiji Lestari

Abstract


Pengetahuan ibu dalam pemberian MP-ASI sangat penting karena banyak terjadi kesalahan dalam praktik pemberian MP-ASI. Tujuan penelitian untuk mengetahui Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Media E booklet Terhadap Pengetahuan Tentang Pemberian MP-ASI Pada Ibu Yang Mempunyai Bayi Usia 6-12 bulan. Desain penelitian Quasi Eksperiment terdiri dari dua grup berpasangan dengan pre and post test Nonecquivalent without Control Group Design. Analisa uji beda pre dan post menggunakan uji Wilcoxon. Sedangkan untuk menguji perbedaaan efektifitas pendidikan kesehatan dengan media video dan media e booklet yaitu uji  Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan baik dengan media video maupun media ebooklet terhadap pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan nilai p-value 0,000. Efektivitas pendidikan kesehatan dengan media video dan ebooklet tidak berbeda secara signifikan dengan hasil p-value >0,05. Meskipun tidak secara signifikan pendidikan kesehatan dengan media video lebih efektif dibanding media ebooklet dinilai dari mean rank selisih nilai pre dan post test 37,33 lebih tinggi dari 33,93.


Keywords


Pendidikan kesehatan; media video; media ebooklet; pengetahuan tentang MP ASI

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah Teori dan Praktek (D. M. Wijayanti (ed.); 2nd ed.). CV. Pilar Nusantara.

Dinas Kesehatan Kota Magelang. (2020). Profil Kesehatan Kota Magelang tahun 2020.

Ismawati, W., & Kristien Andriani, S. K. M. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Leaflet, Buku Saku, Video untuk meningkatkan Pengetahuan Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI) Di Desa Kenep Kecamatan Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 2 tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. Kementrian Kesehatan RI.

Muharram, I., Faradillah, A., Helvian, F. A., Sari, J. I., & Sabri, M. S. (2021). PENGARUH EDUKASI MP-ASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), 76–90.

Munianti, Y., & Indrayani, E. (2019). Penerapan Pendidikan Kesehatan melalui Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 6-12 Bulan. Proceeding of The URECOL, 380–385.

Pratiwi, Y. F., & Puspitasari, D. I. (2017). Efektivitas penggunaan media booklet terhadap pengetahuan gizi seimbang pada ibu balita gizi kurang di kelurahan semanggi kecamatan pasar kliwon kota surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(1), 58–67.

Sartika, Q. L., & Purnanti, K. D. (2021). PERBEDAAN MEDIA EDUKASI (BOOKLET DAN VIDEO) TERHADAP KETRAMPILAN KADER DALAM DETEKSI DINI STUNTING. Jurnal Sains Kebidanan, 3(1), 36–42.

Suarioka, I. P., & Supariasa, I. D. N. (2012). Media Pendidikan Kesehatan. Graha Ilmu.

Susilowati, D. (2016). Promosi Kesehatan (Kemenkes RI (ed.); 1st ed.). Kemenkes RI.




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v3i2.7890

Article Metrics

Abstract view : 819
Download PDF : 582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.