PERBEDAAN SIKAP REMAJA TERHADAP SEKS BEBAS PADA SEKOLAH YANG MEMILIKI PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R) DAN YANG TIDAK MEMILIKI PIK R

Clarisa Noveria erika Putri, Aenun Nazikhatul Khusna, Risa Latunnisa, Ika Khofifah, Tyas Oktavi Nastiti, Sumiyati Sumiyati

Abstract


Seksualitas pada remaja dapat membawa akibat yang merugikan bagi remaja itu sendiri, keluarga maupun masyarakat. Akibat yang ditimbulkan diantaranya penyakit menular seperti penyakit kelamin, HIV atau AIDS, kehamilan yang tidak diinginkan. Untuk menghindari masalah-masalah yang menakutkan seperti itu, salah satu pencegahannya dengan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R). Namun tidak seluruh sekolah menengah di Purwokerto memiliki Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Perbedaan Sikap Remaja Terhadap Seks Bebas Pada Sekolah Yang Memiliki Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK R) Dan Yang Tidak Memiliki PIK R. Metode penelitian yaitu penelitian penjelasan dengan metode survei dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang bersekolah menengah atas di Kabupaten Banyumas yang memiliki pusat informasi dan konseling remaja dan siswa-siswa yang bersekolah menengah atas pada sekolah yang tidak memiliki pusat informasi dan konseling remaja dengan teknik cluster sampling. Hasil penelitian yaitu ada perbedaan sikap remaja terhadap seks bebas pada sekolah yang memiliki pusat informasi dan konseling remaja (PIK R) dan sekolah yang tidak memiliki PIK R. Kesimpulan berdasarkan nilai rata-rata sikap responden yang memiliki pusat informasi dan konseling remaja (PIK R) lebih positif dalam menyikapi seks bebas.

Keywords


PIK R; seks bebas; remaja

Full Text:

PDF

References


Al-Mighwar, Muhammad. (2006). Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Bobak, Lowdermilk, & Jensen. (2004). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Edisi keempat. Jakarta: EGC.

Liana, Intan. (2018). Efektivitas Program Generasi Berencana Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja Bagi Siswa SMA Negeri Di Kota Banda Aceh. Jurnal Avverous, Volume 4, No. 2, hal: 187-189.

Mertia, E. N, Hidayat, T., Yuliadi, I. (2011). Hubungan Antara Pengetahuan Seksualitas Dan Kualitas Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dengan Perilaku Seks Bebas Pada Remaja Siswa Siswi MAN Gondangrejo Karanganyar, Jurnal Wacana Psikologi, Volume 3 No 2.

Azinar, Muhammad (2013). Perilaku Seksual Pranikah Berisiko Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 5, No. 3, hal: 153-160.

Khairani, R. & Putri, D. E. (2008). Kematangan Emosi Pada Pria Dan Wanita Yang Menikah Muda. Fakultasi Psikologi Universitas Gunadarma. Jurnal Psikologi, Volume 1 No. 2, hal: 120-123.

Rahmawati, D. & Cantika H. P. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Remaja Tentang Seks Bebas. Jurnal Kebidanan Dharma Husada, Volume 7 No. 1, hal: 171-176.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia. (2012). Kesehatan Reproduksi Remaja

Badan Pusat Statistik, Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional, Kementerian Kesehatan, Measure Dhs, ICF International.

Juliana, I., Rahmayanti, D., Damayanti, E. A.,F., (2018) Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Smp Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Berdasarkan Keikutsertaan Pada Program Pusat Informasi Dan Konseling-Remaja (PIK-R), Dunia Keperawatan, Volume 6, Nomor 2.

Widyawati, S.A., Lestari I.P., & Najib. (2017). Perbedaan Tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dan premarital seks berdasarkan layanan PIK-KRR pada Siswa SMK Swasta, Universitas Ngudi Waluyo

Wulandari S. (2015). Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pencegahan Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV/AIDS dengan Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) pada Remaja SMKN Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Maternity and Neonatal, Volume 2 No. 1, hal: 134-136.

Wijaya, C.S. (2017) Perbedaan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMP Tentang Kesehatan Reproduksi di SMP yang menerapkan PIK-R dan tidak menerapkan PIK-R. Universitas Muhammadiyah Surakarta. pp.1-12




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v3i1.6829

Article Metrics

Abstract view : 389
Download PDF : 276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.