PERKEMBANGAN BAHASA PADA BALITA DI KOTA DENPASAR

Desak Nym Widyanthini, Ni Made Dian Kurniasari, Desak Made Widyathari

Abstract


Salah satu masalah yang sering terjadi pada anak-anak adalah gangguan berbicara dan bahasa. Keterlambatan perkembangan bahasa dapat berdampak negatif pada pencapaian akademik dan dapat bertahan hingga dewasa. Studi ini menyelidiki perkembangan bahasa balita di Kota Denpasar yang berusia antara 24 dan 36 bulan. Penelitian analitik ini menggunakan rancangan cross-sectional dan melibatkan 162 ibu balita sebagai responden. Selama bulan Juli hingga September 2021, kuesioner disebarkan melalui media sosial untuk memilih responden. Analisa data melibatkan univariate dan bivariate. Dalam penelitan ini, ditemukan bahwa 8,4% balita memiliki perkembangan bahasa yang tidak sesuai. Pada balita laki-laki, peluang terjadinya ketidaksesuaian perkembangan bahasa meningkat (OR=3,6; 95% CI: 1,1-11,9; p=0,029), orang tua dengan pendidikan yang lebih rendah (OR= 3,1; 95%CI: 1,0-9,6; p=0,043), serta peran orang tua yang kurang aktif (OR=4,0; 95%CI:1,2-13,3; p=0,016). Edukasi kepada orang tua tentang pemberian stimulasi untuk merangsang perkembangan bahasa anak perlu diberikan, misalnya melalui kegiatan posyandu.

Keywords


Balita, Denpasar, perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

References


Widnyani IGIA, Windiani IGAT, Adnyana IGANS, Soetjiningsih S. Gambaran perkembangan kognitif dan bahasa pada anak usia di bawah 3 tahun di Taman Pengasuhan Anak (TPA)/(Daycare) Kota Denpasar, Bali. Intisari Sains Medis [Internet]. 2020 Mar 26 [cited 2023 Jul 14];11(1):216–22. Available from: https://isainsmedis.id/index.php/ism/article/view/539

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC Buku Kedokteran; 2013.

Nelson. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Volume 1. 15th ed. Richard E D, editor. Jakarta: EGC Buku Kedokteran; 2000.

Dyer L. Meningkatkan kemampuan Bicara Anak. Wedha Stratesti Yudha, editor. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer; 2004.

Santrock JW. Psikologi Pendidikan. 3rd ed. Jakarta: Salemba Humanika; 2009.

Soetjiningsih. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto; 2012.

Judarwanto W. Keterlambatan Bicara Fungsional Pada Anak [Internet]. 2011. Available from: http://www.speechclinic.com

Wayan Ari Adiputri N, Darmiyanti M, Kesehatan Kartini Bali P, Korespondensi I, Wayan Ari Adiputri dan ari N. Pemantauan Perkembangan Bahasa pada Anak 1-2,5 Tahun di Puskesmas I Denpasar Selatan. J Cent Res Publ Midwifery Nurs [Internet]. 2022 Jun 30 [cited 2023 Jul 14];6(1):1–5. Available from: http://ejournal.binausadabali.ac.id/index.php/caring/article/view/241

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2016.

Wenty Anggraini. Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak (Studi Kasus Anak Usia 5 Tahun). Universitas Negeri Semarang; 2011.

Widodo A. Dampak Pengetahuan Akan Manfaat Asi terhadap Kemampuan Bicara pada Bayi 0-24 Minggu. J Pengabdi Masy Multidisiplin [Internet]. 2018 [cited 2022 Mar 23];2(3):118–23. Available from: https://www.neliti.com/id/publications/317852/

Anggadewi M. Variabel-Variabel yang Nurturant untuk Perkembangan Kemapuan Kognitif Bayi Usia 6-12 Bulan. Universitas Indonesia; 2003.

Safitri Y. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2017 Dec 30 [cited 2022 Mar 23];1(2):148–55. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/35

Pebriana PH. Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2017 Dec 30 [cited 2022 Mar 23];1(2):139–47. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/34

Dianovinina K, Probowati Y, Rahaju S. Penyusunan Alat Ukur Perkembangan Bahasa Reseptif Anak Usia 8-36 Bulan. ANIMA Indones Psychol J. 2009;24(4):365–76.

Brebner C, Jovanovic J, Lawless A, Young J. Early childhood educators’ understanding of early communication: Application to their work with young children: Child Lang Teach Ther [Internet]. 2016 [cited 2022 Mar 23];32(3):277–92. Available from: https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0265659016630034

Dewanti A, Widjaja JA, Tjandrajani A, Burhany AA. Karakteristik Keterlambatan Bicara di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Tahun 2008 - 2009. Sari Pediatr [Internet]. 2012 [cited 2022 Mar 23];14(4):230–4. Available from: https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/649

Azzahroh P, Sari RJ, Lubis R. Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. J Qual Women’s Heal [Internet]. 2021 [cited 2022 Mar 23];4(1):46–55. Available from: https://jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/104

Poernomo DISH, Paskarinda EP. Faktor Kesehatan, Intelegensi, dan Jenis Kelamin Mempengaruhi Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. J STKES [Internet]. 2015 [cited 2022 Mar 23];8(1):23–33. Available from: https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104

Candrasari A, Putri, Dista Eka Faulam Warraihan VP. Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak [Internet]. Yogyakarta: The 5th Urecol Proceeding; 2017 [cited 2022 Mar 23]. p. 972–8. Available from: https://adoc.pub/pengaruh-lingkungan-terhadap-perkembangan-bahasa-anak.html

Atti AYPY, Maemun N. Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Nurs News J Ilm Keperawatan [Internet]. 2018 Mar 31 [cited 2022 Mar 23];3(1):563–71. Available from: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/828

Azizah NN. Gambaran Stimulasi Perkembangan oleh Ibu terhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok (skripsi). Universitas Indonesia; 2021.

Suciati S. Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal [Internet]. 2018 Jul 10 [cited 2022 Mar 23];5(2):358–74. Available from: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/3480

Karo MB. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia1-3 Tahun (Toddler) Di Sekolah Nisrina Jati Asih Kota Bekasi Tahun 2013. J Ilm WIDYA. 2015;3(2):68–72.

Khoiriyah K, Ahmad A, Fitriani D. Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay) [Internet]. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini I Edisi Agustus 2016. Aceh; 2016 [cited 2022 Mar 23]. Available from: https://www.neliti.com/id/publications/187403/model-pengembangan-kecakapan-berbahasa-anak-yang-terlambat-berbicara-speech-dela

Sumaryanti L. Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. MUDDIB [Internet]. 2017 Jul 4 [cited 2022 Mar 23];7(1):72–89. Available from: http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/552




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v6i2.11460

Article Metrics

Abstract view : 16
Download PDF : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.