POLA ASUH POSITIF MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BALITA

Isfaizah Isfaizah, Risma Aliviani Putri

Abstract


Orang tua merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam pemantauan dan pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang anak pada lima tahun pertama kehidupan (Golden Periods). Kualitas hubungan antara orang tua dan anak (pola asuh) sangat menentukan perkembangannya. Pengasuhan yang salah berisiko terhadap keterlambatan perkembangan pada anak. Keterlambatan perkembangan umum (Global Development Delay) pada anak di Indonesia diperkirakan sebesar 5-10%, dengan 1-3% pada usia kurang dari 5 tahun. Tujuan penelitian untuk menentukan hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan balita. Desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan crossectional. Populasi adalah seluruh orang tua dan balita di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Ambarawa sebanyak 717 balita. Sampel dipilih berdasarkan tehnik purposive sampling sejumlah 95. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan chi-square. Hasil penelitian sebagian besar responden menerapkan pola asuh positif sebesar 70.5% dan perkembangan balita yang normal sebesar 62,1% serta terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan perkembangan balita (p=0.020). Pola asuh positif berpengaruh positif terhadap perkembangan yang normal pada balita. Orang tua sebaiknya menerapkan pola asuh positif agar balita berkembang sesuai tahapan usianya.

 



Keywords


Balita; Perkembangan; Pola Asuh Positif

Full Text:

PDF

References


Ainun, Kamaliah. 2021. “The Effect of Mother Toddler Class Training on Increasing Parents ’ Knowledge About Child Development at the Binjai Serbangan Health Center , Air Joman District in 2021.” Science Midwifery 10(1):386–94.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):102. doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421.

Dong, Yan, Junqi Lin, Hongqian Li, Li Cheng, Weihua Niu, and Zhuo Tong. 2022. “How Parenting Styles Affect Children’s Creativity: Through the Lens of Self.” Thinking Skills and Creativity 45:101045. doi: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101045.

Dornelas, Lílian de Fátima, Neuza Maria de Castro Duarte, and Lívia de Castro Magalhães. 2015. “[Neuropsychomotor developmental delay: conceptual map, term definitions, uses and limitations].” Revista paulista de pediatria : orgao oficial da Sociedade de Pediatria de Sao Paulo 33(1):88–103. doi: 10.1016/j.rpped.2014.04.009.

Ei, Htay Ei. 2019. “Influencing Factors on Mothers ’ and Fathers ’ Parenting in Early Age Children : A Systematic Review.” Asian Journal of Educational Research 7(1):15–37.

Faza Nabila, Ariani Ariani, and Safrina Dewi Ratnaningrum. 2023. “The Relationship and Factors The Parenting Style of Parents Who Married Early with The Development of Children Aged 1-5 Years.” Asian Journal of Health Research 2(2):16–21. doi: 10.55561/ajhr.v2i2.106.

Feinberg, Mark, Emily Hotez, Kevin Roy, Christy J. W. Ledford, Amy B. Lewin, Norma Perez-Brena, Saltanat Childress, and Jerica M. Berge. 2022. “Family Health Development: A Theoretical Framework.” Pediatrics 149(Suppl 5). doi: 10.1542/peds.2021-053509I.

IDAI. 2023. “Mengenal Ketrelambatan Perkembangan Umum Pada Anak.” Komite Website IDAI. Retrieved (https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak#:~:text=Keterlambatan perkembangan umum atau global,%2C dan personal sosial %2F kemandirian.).

Jeong, Joshua, Emily E. Franchett, Clariana V Ramos de Oliveira, Karima Rehmani, and Aisha K. Yousafzai. 2021. “Parenting Interventions to Promote Early Child Development in the First Three Years of Life: A Global Systematic Review and Meta-Analysis.” PLoS Medicine 18(5):e1003602. doi: 10.1371/journal.pmed.1003602.

Kementerian Kesehatan RI. 2022. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Peran Orang Tua Dalam Program Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Khan I, Leventhal BL. 2024. “Developmental Delay.” in In StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing.

Klemp, Marie Theres, Christina Dose, Judith Mühlenmeister, Julia Plück, Laura Wähnke, and Manfred Döpfner. 2023. “Negative Parenting Mediates the Longitudinal Association between Parental Internalizing Symptoms and Child Oppositional Symptoms.” Child Psychiatry and Human Development. doi: 10.1007/s10578-023-01575-0.

Mansur, Arif Rohman. 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Vol. 1.

Miyati, Dian Sih, Upik Elok Endang Rasmani, and Anjar Fitrianingtyas. 2021. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak.” Kumara Cendekia 9(3):139. doi: 10.20961/kc.v9i3.50219.

Neppl, Tricia K., Shinyoung Jeon, Olivia Diggs, and M. Brent Donnellan. 2020. “Positive Parenting, Effortful Control, and Developmental Outcomes across Early Childhood.” Developmental Psychology 56(3):444–57. doi: 10.1037/dev0000874.

Prabowo, Enggal Wildan, Ishartono Ishartono, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pola Asuh Anak Oleh Ibu Usia Dini.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2). doi: 10.24198/jppm.v3i2.13646.

Rahayu D. 2020. “Pengaruh Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Bicara Anak Usia Dini.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1):26–28.

Rivero, Magda, Rosa Vilaseca, María-José Cantero, Clara Valls-Vidal, and David Leiva. 2023. “Relations between Positive Parenting Behavior during Play and Child Language Development at Early Ages.” Children (Basel, Switzerland) 10(3). doi: 10.3390/children10030505.

Rocha, Hermano A. L., Luciano L. Correia, Álvaro J. M. Leite, Sabrina G. M. O. Rocha, Lucas de S. Albuquerque, Márcia M. T. Machado, Jocileide S. Campos, Anamaria C. e Silva, and Christopher R. Sudfeld. 2022. “Positive Parenting Behaviors and Child Development in Ceará, Brazil: A Population-Based Study.” Children 9(8):1–10. doi: 10.3390/children9081246.

Rosida, Sisi. 2023. Stop Keterlambatan Berbicara Pada Anak. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Salomone, Erica, Laura Pacione, Stephanie Shire, Felicity L. Brown, Brian Reichow, and Chiara Servili. 2019. “Development of the WHO Caregiver Skills Training Program for Developmental Disorders or Delays.” Frontiers in Psychiatry 10:769. doi: 10.3389/fpsyt.2019.00769.

Sari, Mutia, and Nuzulul Rahmi. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Balita Di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh.” Journal of Healthcare Technology and Medicine 3(1):94. doi: 10.33143/jhtm.v3i1.262.

Seay, Andrea, Wyona M. Freysteinson, and Judith McFarlane. 2014. “Positive Parenting.” Nursing Forum 49(3):200–208. doi: 10.1111/nuf.12093.

Simangunsong, Humala, and Mujuranto Sihotang. 2022. “Exploring Parenting Styles and Their Impact on Child Development in the Community.” Jurnal Sosial, Sains, Terapan Dan Riset (Sosateris) 10(2):105–19. doi: 10.35335/yz9fkk66.

Simkiss, Doug, Fiona Maccallum, Emma Fan, John Oates, Peter Kimani, and Sarah Stewart-Brown. 2013. “Validation of the Mothers Object Relations Scales in 2-4 Year Old Children and Comparison with the Child-Parent Relationship Scale.” Health and Quality of Life Outcomes 11:49. doi: 10.1186/1477-7525-11-49.

Smokowski, Paul R., Martica L. Bacallao, Katie L. Cotter, and Caroline B. R. Evans. 2014. “The Effects of Positive and Negative Parenting Practices on Adolescent Mental Health Outcomes in a Multicultural Sample of Rural Youth.” Child Psychiatry and Human Development 46(3):333–45. doi: 10.1007/s10578-014-0474-2.

Nurrahmi, S., and Isfaizah . 2021. “Pemberian Stimulasi Oleh Ibu Berhubungan Dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Bidan Desa Kertaharja: The Provision of Stimulation by Mothers Associated with the Development of 1-3 Years Old Children in the Working Area of the Kertaharj.” Journal of Holistics and Health Sciences (JHHS) 3(2 SE-Articles):246–55. doi: 10.35473/jhhs.v3i2.104.

Sofyan, Iyan. 2019. “Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif Dalam Keluarga.” Journal of Early Childhood Care and Education 1(2 SE-Articles):41–47. doi: 10.26555/jecce.v1i2.241.

Terrence Sanvictores; Magda D. Mendez. 2022. “Types of Parenting Styles and Effects On Children.” in StatPearls [Internet], Treasure Island (FL).

Tiara, Anita, and Zakiyah Zakiyah. 2021. “Hubungan Pengetahuan Dan Pekerjaan Ibu Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Toddler Di Desa Alue Kuyun Kabupaten Nagan Raya.” Jurnal Kesehatan Global 4(1):9–16. doi: 10.33085/jkg.v4i1.4782.

Tim Penyusun PPK. 2016. Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Trisnadi, Melissa Catalina, and Budi Andayani. 2021. “Program Pengasuhan Positif Dengan Co-Parenting Untuk Menurunkan Penerapan Pengasuhan Disfungsional.” Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) 7(1):74. doi: 10.22146/gamajpp.65280.

Vitrikas, Kirsten, Dillon Savard, and Merima Bucaj. 2017. “Developmental Delay: When and How to Screen.” American Family Physician 96(1):36–43.

Yulita, Refi, Program Studi, Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, D. A. N. Ilmu, Universitas Islam, Negeri Syarif, and Hidayatullah Jakarta. 2014. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Balita Di Posyandu Sakura Ciputat Timur.”

Zhao, Jinguo, Haiyan Zhao, and Aibao Zhou. 2023. “Negative Parenting Styles and Psychological Crisis in Adolescents: Testing a Moderated Mediating Model of School Connectedness and Self-Esteem.” Behavioral Sciences 13(11). doi: 10.3390/bs13110929




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v6i1.11085

Article Metrics

Abstract view : 280
Download PDF : 102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.