POLA ASUH POSITIF MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BALITA
Abstract
Orang tua merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam pemantauan dan pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang anak pada lima tahun pertama kehidupan (Golden Periods). Kualitas hubungan antara orang tua dan anak (pola asuh) sangat menentukan perkembangannya. Pengasuhan yang salah berisiko terhadap keterlambatan perkembangan pada anak. Keterlambatan perkembangan umum (Global Development Delay) pada anak di Indonesia diperkirakan sebesar 5-10%, dengan 1-3% pada usia kurang dari 5 tahun. Tujuan penelitian untuk menentukan hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan balita. Desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan crossectional. Populasi adalah seluruh orang tua dan balita di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Ambarawa sebanyak 717 balita. Sampel dipilih berdasarkan tehnik purposive sampling sejumlah 95. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan chi-square. Hasil penelitian sebagian besar responden menerapkan pola asuh positif sebesar 70.5% dan perkembangan balita yang normal sebesar 62,1% serta terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan perkembangan balita (p=0.020). Pola asuh positif berpengaruh positif terhadap perkembangan yang normal pada balita. Orang tua sebaiknya menerapkan pola asuh positif agar balita berkembang sesuai tahapan usianya.
Kata Kunci: Balita; Perkembangan; Pola Asuh Positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Dong, Y., Lin, J., Li, H., Cheng, L., Niu, W., & Tong, Z. (2022). How parenting styles affect children’s creativity: Through the lens of self. Thinking Skills and Creativity, 45, 101045. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101045
Dornelas, L. de F., Duarte, N. M. de C., & Magalhães, L. de C. (2015). [Neuropsychomotor developmental delay: conceptual map, term definitions, uses and limitations]. Revista paulista de pediatria : orgao oficial da Sociedade de Pediatria de Sao Paulo, 33(1), 88–103. https://doi.org/10.1016/j.rpped.2014.04.009
Jeong, J., Franchett, E. E., Ramos de Oliveira, C. V, Rehmani, K., & Yousafzai, A. K. (2021). Parenting interventions to promote early child development in the first three years of life: A global systematic review and meta-analysis. PLoS Medicine, 18(5), e1003602. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003602
Kesehatan, K. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan lntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Direktorat Kesehatan Departmen Kesehatan Keluarga, 59.
Khan I, L. B. (2024). Developmental Delay. In In StatPearls [Internet]. StatPearls Publishing.
Klemp, M. T., Dose, C., Mühlenmeister, J., Plück, J., Wähnke, L., & Döpfner, M. (2023). Negative Parenting Mediates the Longitudinal Association between Parental Internalizing Symptoms and Child Oppositional Symptoms. Child Psychiatry and Human Development. https://doi.org/10.1007/s10578-023-01575-0
Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. In Andalas University Press (Vol. 1, Issue 1).
Neppl, T. K., Jeon, S., Diggs, O., & Donnellan, M. B. (2020). Positive parenting, effortful control, and developmental outcomes across early childhood. Developmental Psychology, 56(3), 444–457. https://doi.org/10.1037/dev0000874
Rahayu D. (2020). Pengaruh Peranan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 26–28.
Rivero, M., Vilaseca, R., Cantero, M.-J., Valls-Vidal, C., & Leiva, D. (2023). Relations between Positive Parenting Behavior during Play and Child Language Development at Early Ages. Children (Basel, Switzerland), 10(3). https://doi.org/10.3390/children10030505
Rocha, H. A. L., Correia, L. L., Leite, Á. J. M., Rocha, S. G. M. O., Albuquerque, L. de S., Machado, M. M. T., Campos, J. S., e Silva, A. C., & Sudfeld, C. R. (2022). Positive Parenting Behaviors and Child Development in Ceará, Brazil: A Population-Based Study. Children, 9(8), 1–10. https://doi.org/10.3390/children9081246
Rosida, S. (2023). Stop Keterlambatan Berbicara pada Anak. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Salomone, E., Pacione, L., Shire, S., Brown, F. L., Reichow, B., & Servili, C. (2019). Development of the WHO Caregiver Skills Training Program for Developmental Disorders or Delays. Frontiers in Psychiatry, 10, 769. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00769
Simangunsong, H., & Sihotang, M. (2022). Exploring Parenting Styles and Their Impact on Child Development in the Community. Jurnal Sosial, Sains, Terapan Dan Riset (Sosateris), 10(2), 105–119. https://doi.org/10.35335/yz9fkk66
Simkiss, D., Maccallum, F., Fan, E., Oates, J., Kimani, P., & Stewart-Brown, S. (2013). Validation of the Mothers Object Relations scales in 2-4 year old children and comparison with the Child-Parent Relationship Scale. Health and Quality of Life Outcomes, 11, 49. https://doi.org/10.1186/1477-7525-11-49
Smokowski, P. R., Bacallao, M. L., Cotter, K. L., & Evans, C. B. R. (2014). The Effects of Positive and Negative Parenting Practices on Adolescent Mental Health Outcomes in a Multicultural Sample of Rural Youth. Child Psychiatry and Human Development, 46(3), 333–345. https://doi.org/10.1007/s10578-014-0474-2
Sofaniah Nurrahmi, & Isfaizah, I. (2021). Pemberian Stimulasi Oleh Ibu Berhubungan dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di Wilayah Kerja Bidan Desa Kertaharja: The Provision of Stimulation by Mothers Associated with the Development of 1-3 Years Old Children in the Working Area of the Kertaharj. Journal of Holistics and Health Sciences (JHHS), 3(2 SE-Articles), 246–255. https://doi.org/10.35473/jhhs.v3i2.104
Terrence Sanvictores; Magda D. Mendez. (2022). Types of Parenting Styles and Effects On Children. In StatPearls [Internet], Treasure Island (FL). https://doi.org/NBK568743
Tiara, A., & Zakiyah, Z. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Pekerjaan Ibu dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Toddler di Desa Alue Kuyun Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Kesehatan Global, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.33085/jkg.v4i1.4782
Trisnadi, M. C., & Andayani, B. (2021). Program Pengasuhan Positif dengan Co-parenting untuk Menurunkan Penerapan Pengasuhan Disfungsional. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), 74. https://doi.org/10.22146/gamajpp.65280
Vitrikas, K., Savard, D., & Bucaj, M. (2017). Developmental Delay: When and How to Screen. American Family Physician, 96(1), 36–43.
Yulita, R., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Ilmu, D. A. N., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2014). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak balita di posyandu sakura ciputat timur.
DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v6i1.11085
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.