OPTIMALISASI PERAN POSYANDU REMAJA (POSYANREM)"GERBANG SEHAT" MELALUI FUNGSI KADER DALAM MEWUJUDKAN GENERASI SEHAT DAN MANDIRI

Maslahatul Inayah, Yuniske Penyami, Petrus Nugroho DS

Abstract


Masa remaja merupakan masa storm and stress, karena remaja mengalami banyak tantangan baik dari diri mereka sendiri (biopsychososial factors) ataupun lingkungan (environmental factors). Apabila remaja tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, mereka dapat berakhir pada berbagai masalah kesehatan yang begitu kompleks sebagai akibat dari perilaku berisiko yang mereka lakukan.
Salah satu penyebab tidak langsung dari kematian ibu dan anak adalah kehamilan usia dini, status gizi ibu hamil yang kurang, pengetahuan ibu tentang kesehatan yang belum memadai. Faktor penyebab tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan intervensi kesehatan secara dini sejak anak usia sekolah dan remaja. Pendekatan kesehatan yang saat ini dilakukan diupayakan semakin mulai dari hulu yakni sejak anak usia sekolah dan remaja yang merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan karena jumlahnya yang besar (30%) dari jumlah penduduk.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan remaja khususnya kelompok posyandu “Gerbang Sehat” sehingga menghasilkan remaja yang sehat dan mandiri . Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi mengenai kesehatan reproduksi remaja , kesehatan mental remaja serta pelatihan ketrampilan pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar kain panel seperti tempat tissue dan gantungan kunci..
Diharapkan hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelompok remaja memiliki pengetahuan tentang hidup sehat baik secara fisik maupun psikis serta memiliki ketrampilan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi maupun social.


Full Text:

PDF

References


Laila Wahid, dkk (2020), Gambaran

Pelaksanaan Posyandu Remaja di Kelurahan Panggung Kidul Kecamatan Semarang Utara, Jurnal Kesehatan Masyarakat,Vol 8, Nomor 4, Juli 2020.

Arsani dkk, Remaja Sehat Melalui

Pelayanan Kesehatan Pedul Remaja Di Tingkat Puskesmas, Jurnal Kesmas Unnes 9 (1) (2013) 66-73.

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan,

Profil Kesehatan Kota Pekalongan tahun 2020.

Direktorat Jenderal Kesehatan

Masyarakat, Petunjuk Teknis

Penyelenggaraan Posyandu Remaja, Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2018.

Direktorat Jenderal Kesehatan

Masyarakat, Buku KIE Kader Kesehatan Remaja. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2018.

Fajri Arif W, dkk (2021), Sosialisasi

Peran Generasi Muda Pada Bidang Ekonomi Kreatif Di Tengah Pandemi Kepada Karang Taruna Kelurahan Rejomulyo, Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ) Tahun 2021-ISBN 978-623-90328-7-6.

Fitria Yulastini, dkk , Gambaran

Pengetahuan Remaja Tentang Reproduksi Di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada, Jurnal Widwifery And Reproduction, ISSN 2598-0068, Vol 4 No 2 ( Maret 2021)


Article Metrics

Abstract view : 211
Download PDF : 155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.