PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU PAUD DALAM PEMERIKSAAN STATUS GIZI DAN PEMERIKSAAN TUMBUH KEMBANG PADA ANAK PRA SEKOLAH DENGAN Z-SKOR KUESIONER KPSP DI KECAMATAN PEKALONGAN SELATAN KOTA PEKALONGAN

Afiyah Sri Harnany, Mardi Hartono, Akhmad Baequny, Indar Widowati

Abstract


Latar Belakang : Pentingnya pengukuran status gizi dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat badan dan tinggi badan anak. Status gizi juga didefinisikan sebagai status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrien. Penilaian status gizi merupakan pengukuran yang didasarkan pada data antropometri serta biokimia dan riwayat diet (Beck, 2000). Penilaian terhadap status Gizi merupakan hal yang penting karena dapat menetukan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tujuan : dilakukannya pengabdian masyarakat adalah meningkatkan peran serta aktif  agar mahasiswa, dan dosen dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan kesehatan, membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi pemerintah maupun  masyarakat dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat(Guru Paud) dalam bidang kesehatan Ibu dan Anak.

Metode : Metode pelatihan adalah metode ceramah, tanya jawab, tutorial, simulasi dan pendampingan pada kelompok Guru Paud tentang penatalaksanaan penilaian status Gizi denan Penilaian Z-Skore dan Penilaian perkembangan dengan KPSP.

Pelaksanaan : dimulai bulan Juni sampai bula Juli 2018, dengan pemateri dari Puskesmas bidang Gizi dan KIA yang memberikan pembelajaran terhadap guru PAUD di Lokasi Taman Pintar Wilayah Puskesmas Pekalongan Selatan. Serta sudah dilakukan pendampingan monitoring dan Evaluasi di dua sekolah Taman Kanak Kanak

Hasil dan Pembahasan : Guru Paud memahami tujuan dan manfaat dilakukanya pemeriksaan tumbuh kembang pada anak usia dini, serta dapat mempraktekannya dengan menggunakan pedoman pemeriksaan Z-Skore dan Instrumen KPSP. Dengan mengetahui  tumbuh  kembang anak akan segera diketahui bila ada penyimpangan, dan akan dapat membantu pencapaian program pemerintah terutama terhadap program kesehatan anak yang merupakan salah satu indikator tercapainya pembangunan kesehatan.

Kesimpulan : Guru Paud dapat melaksanakan pemeriksaan tumbuh kembang dengan menggunakan pedoman syarat kesehatan dengan metode Z-Skore dan Instrumen KPSP.

Kata Kunci : Pengukuran Status Gizi dengan Z-Skor dan Kuesioner KPSP


Full Text:

PDF

References


Afiyah Sri Harnany, Hubungan Gizi Terhadap Motorik Kasar Pada Anak Balita 1-3 Th Di Kelurahan Keraton Kidul Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, 2013

Marimbi, Hanum. (2010). Tumbuh Kembang, Status Gizi & Imunisasi Dasar Balita.Yogyakarta : Nuha Medika

Narendra. (2002). Faktor Faktor Tumbuh Kembang Anak. http//www.2008.com

Nasriyah, et.al. (2007). Hubungan Status Gizi Anak Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun Di Desa Glagahwaru Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Wawan A, Dewi . Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia Yogyakarta; Nuha Medika: 2011.


Article Metrics

Abstract view : 506
Download PDF : 358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.