MODEL IMPLEMENTASI PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH DI SEKOLAH MENENGAH

Anita Widiastuti, Ulfah Musdalifah, Fitria Zuhriyatun

Abstract


Kementerian kesehatan menyelenggarakan program pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri. Ini merupakan program baru dari pemerintah. Tablet dibagikan gratis untuk remaja putri usia sekolah menengan melalui Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model yang efektif dalam implementasi program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri di kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam. Informan adalah pelaksana gizi di puskesmas, guru UKS pelaksana program di sekolah,  dan siswi. Diperoleh tiga model atau pola dalam implementasi pemberian tablet tambah darah pada penelitian ini. Model pertama ada pemberdayaan petugas puskesmas terhadap guru sekolah dan perwakilan siswi dalam mengelola ditribusi dan konsumsi tablet tambah darah. Model kedua ada pemberdayaan pihak puskesmas dengan pihak sekolah, tetapi tidak ada koordinasi konsumsi tablet tambah darah. Sedangkan model ketiga tidak ada pemberdayaan pihak sekolah oleh pihak puskesmas. Untuk meningkatkan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi tablet tambah darah, diperlukan peningkatan pemberdayaan pihak guru dan siswi oleh pelaksana gizi puskesmas supaya tujuan program pemberian tablet tambah darah  untuk remaja putri bisa efektif.


Keywords


anemia, remaja putri, tablet tambah darah, model implementasi

Full Text:

PDF

References


Amir, N., & Djokosujono, K. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada Remaja Putri di Indonesia: Literatur Review. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 15(2), 119–129. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JKK

Balitbang Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS.

Direktorat Gizi Masyarakat Dirjen Kesmas. (2016). Buku-Pedoman-Pencegahan-Anemia-Rematri-dan-WUS (D. K. Direktorat Gizi Masyarakat (ed.)). Direktorat Gizi Masyarakat.

Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan. (2016). Pemberian tablet tambah darah pada remaja putri dan wanita usia subur. Kementerian Kesehatan RI.

Nuradhiani, A., Briawan, D., & Dwiriani, C. M. (2017). Dukungan guru meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri di Kota Bogor. Jurnal Gizi Dan Pangan, 12(3), 153–160. https://doi.org/10.25182/jgp.2017.12.3.153-160

Risva, T. C., & Rahfiludin, M. Z. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Sebagai Upaya Pencegahan Anemia Pada Remaja Puteri (studi Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Kesehatan Masyaratak Universitas Diponegoro). Jurnal kesehatan masyarakat, 4(April), 243–250.

Sanderi, F., Marjohan, & Sukmawati, I. (2013). Kepatuhan Siswa Terhadap Disiplin dan Upaya Guru BK dalam Meningkatkannya Melalui Layanan Informasi. Konselor | Jurnal Ilmiah Konseling, 2(3), 220–224.

Syaima, N., Savitry, D., Arifin, S., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., Lambung, U., Ilmu, D., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Lambung, U., Fisiologi, D., Kedokteran, F., Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2017). Hubungan dukungan keluarga dengan niat konsumsi tablet tambah darah pada remaja puteri. Berkala Kedokteran, 13(1), 113–118.

Triana Mutmainah, V., Achadi Nugraheni, S., & Suparwati, A. (2014). Analisis Perbedaan Implementasi Program Suplementasi Tablet Besi Ibu Hamil oleh Petugas Gizi antara Puskesmas Cakupan Tinggi dan Rendah di Wilayah Kabupaten Kendal Manajemen Kesehatan Indonesia, 02(02), 140.

Villa Anggreini, T., Setyaningrum, R., Fakhriadi, R., & Rosadi, D. (2018). Evaluasi Program Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Remaja Puteri Di SMPN 4 wilayah Banjarbaru.

WHO. (2016). Who Guideline 1 : Daily Iron Supplementation In Adult Women And Adolescent Girls Executive Summary Available evidence. https://www.who.int/nutrition/publications/micronutrients/guidelines/summary_daily_iron_supp_womenandgirls.pdf?ua=1

Yuniarti, Y., Rusmilawaty, R., & Tunggal, T. (2015). Hubungan Antara Kepatuhan Minum Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri di MA Darul Imad Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (Vol. 2, Issue 1)




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v16i1.5655

Article Metrics

Abstract view : 3738
Download PDF : 1758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License