SOSIALISASI DAN HARMONISASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) DAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) DI KOTA SUKABUMI

Elsye Rahmawaty, Sri Handayani, Marlynda Happy Nurmalita Sari, Ira Rahmawati

Abstract


Program GERMAS merupakan praktik hidup sehat sebagai salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Sedangkan PIS-PK merupakan program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat sehat melalui program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga guna meningkatkan derajad kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mensosialisasikan dan harmonisasi GERMAS dan PIS-PK sebagai upaya membudayakan makan buah dan senam bersama sebagai bagian aktifitas sehari-hari bagi masyarakat. Kegiatan ini terlaksana pada tanggal 28 Maret 2019 di GOR Karya Bhakti Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Peserta masyarakat yang hadir berjumlah 258 orang dan 50 orang civitas akademika Poltekkes Kemenkes Jakarta I baik Dosen, Staff maupun CPNS.


Keywords


Hidup sehat; GERMAS; PIS-PK

Full Text:

PDF

References


Budi Setyawan, F. E. (2018). PARADIGMA SEHAT. Saintika Medika. https://doi.org/10.22219/sm.v6i1.1012

Cokroadhisuryani, H. (2018). Analisis Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Di Wilayah Kerja Puskesmas NGAGLIK I. Medical Education.

Depkes. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Departemen Kesehatan RI.

Kemenkes, R. indonesia. (2016). Germas Wujudkan Indonesia Sehat. In www.kemenkes.go.id.

Kemenkes Republik Indonesia. (2016). Germas Wujudkan Indonesia Sehat.

Kemenkes RI. (2017). Hari Gizi Nasional 2017: Ayo Makan Sayur Dan Buah Setiap Hari. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. In Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/http://pispk.kemkes.go.id/id/

Laelasari, E., Anwar, A., & Soerachman, R. (2017). Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Jurnal Ekologi Kesehatan.

Soleman, M., & Noer, M. (2017). Nawacita sebagai strategi khusus Jokowi periode okteber 2014-20 oktober 2015. Jurnal Kajian Politik Dan Masalah Pembangunan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31983/link.v15i1.4385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), is published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id   Channel Telegram: http://telegram.me/uppmpoltekkessmg 



Creative Commons License\

     

 

Jurnal Link by http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats