PENERAPAN REKAYASAN ALAT PENGHANCUR SAMPAH DALAM MENUNJANG PENGELOLAAN SAMPAH

Asep Tata Gunawan, Zaeni Budiono

Abstract


Kampus 7 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, merupakan salah instansi pendidikan yang terintegrasi dengan kantin, perumahan dosen serta memiliki lahan terbuka yang mencapai 2,3 ha terdapat timbulan sampah organik rata-rata 4 m3/minggu dan sampah an-organik rerata 0,85 m3/minggu dengan dominasi plastik (GELISH, 2019).  Jurusan Kesehatan Lingkungan dan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam bidang pengolahan sampah telah merintis unit percontohan komposter dengan metode run way yang bersusun dalam 10 bak. Upaya menangai sampah organik telah terwujud dalam hasil produk pengolahan berupa kompos organik. Seiring berjalannya kegiatan pengomposan, dilakukan kegiatan evaluasi kegiatan. Hasil evaluasi terdapat catatan penting pada proses pengomposan yang dilakukan, seperti proses pembalikan sampah yang terlalu banyak, pemindahan sampah pada bak pengomposan yang banyak, keluhan bau yang menyengat dan risiko tertusuk dari sampah kaleng/ kaca dan hasil kompos kurang maksimal. Semua kondisi tersebut disebabkan karena kegiatan masih dilakukan secara manual oleh tenaga kebersihan. Desain penelitian ini adalah adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian Post Test Only Design.Lokasi penelitian ini dilakukan di lokasi pengolahan sampah (komposter) di Kampus 7 Poltekkes Kemenkes Semarang. Dalam penelitian ini populasi yang dimaksud oleh peneliti adalah seluruh warga kampus 7 dan seluruh timbulan sampah. Sampel penelitian ini adalah sampah plastik yang terdapat pada bak pengolahan kompos, hasil pemanenan sampah plastik dengan rata-rata volume sebesar 0,3 m3/minggu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dari hasil penghancuran  sampah plastik. Alat pengahancur sampah yang telah dibuat memiliki kemampu dalam mencacah sampah mencapai <5 cm, dengan kapasitas penghancuran sekitar 10 kg/7,5 menit = 80 Kg/jam (10 kg paslik = 5 karung sampah plastic). Maka  mesin tersebut mampu menghancurkan  plastic sekitar 0,083 m3/jam. Jadi utk menghancurkan sampah plastik kampus 7 sekitar 0,3 m3/mg dibutuhkan waktu sekitar 3,6 jam. Diperlukannya penyesuaian lanjutan terhadap kemampuan mata pisau. Perlu ditingkatkan kemampuan motor penggerak, sehingga hasil pencacahan akan lebih cepat.


Keywords


Sampah; Alat penghancur sampah

Full Text:

PDF

References


Anonim. Dasar dasar Sistem Pengelolaan Persampahan pplp-dinciptakaru.jatengprov.go.id accessed January 2018.

Bandura, Albert. 1997. SELF-EFFICACY: The Exercise of Control. Stanford University. New York. W.H. Freeman and Company.

Creswell, J.W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publication : London.

Creswell, J.W and Dana L Miller. 2000. Determining Validity in Qualitative Inquiry. Theory Into Practice Vol. 39, No. 3, Getting Good Qualitative Data to Improve Educational Practice (Summer, 2000), pp. 124-130.

Enri Damanhuri dan Tri Padmi. 2010. Diktat Pengelolaan Sampah. ITB : Bandung.

Hill, Tosi., Caroll, SJ. 1997. Organizational Theory and management : A Macro Approach. John Willey and Sons Inc : New York.

Jenna R.Jambeck, Roland Geyer, Chris Wilcox, Theodore R.Sieger, Miriam Perryman, Anthony Andrady, Ramani Narayan, Kara Lavender Law. 2015. Plastic waste inputs from land into the ocean. Sciencemag 13 February 2015 Vol 374 Issue 6223.

Okut Ookumu, J. And Nyenje, R. 2011. Municipal Solid Waste Management Under Decentralization in Uganda. Habitat International Volume 35, Issue 4 , October 2011, Pages 537-543.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, nomor 17 Tahun 2010, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.

Pemerintah Kota Yogyakarta, 2014, Profil Kota Yogyakarta, Yogyakarta : Pemkot Yogyakarta.

Siti Marwati. 2013. Pengelolaan Sampah Mandiri Berbasis Masyarakat. Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY.

Slamet Santoso SP. 2010. Dampak Negatif Sampah Terhadap Lingkungan dan Upaya Mengatasinya. Fakultas Biologi UNSOED.

Tobing, I. S. (2005). Dampak Sampah Terhadap Kesehatan Lingkungan dan Manusia. Jakarta: Fakultas Biologi Universitas Nasional, 1–9.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Willie Susuki, Air Handono Ramelan dan Dwi Aries Himawanto. 2016. Penanganan Sampah Berdasarkan Karakteristik Sampah di Kota Surakarta. FKIP UNS.

Yin, R. 1994. Case Studi research : Design and methods (2nd ed). Sage Publications, Thousand Oaks, CA




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v39i1.5671

Article Metrics

Abstract view : 372
Download PDF : 260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License