Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pedagang dalam Pengelolaan Sampah di Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga

Laelani Dina, Nur Hilal, Agus Subagiyo

Abstract


Salah satu tempat umum yang sering menghasilkan permasalahan sampah adalah pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi sejumlah barang atau jasa. Pasar mempunyai problematika masalah sampah tersendiri, karena sebagian besar sampah pasar terdiri dari sampah basah dan sampah kering. Pengelolaan sampah yang tidak baik dikhawatirkan akan memicu terjadinya kerusakan lingkungan. Pengelolaan sampah tersebut tidak lepas dari perilaku pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Segamas Kabupeten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan crosssectional desain penelitian menggunakan quota sampling. Pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner dan ceklis kepada 96 sampel. Pengelolaan data dengan menggunakan uji spearman rank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perilaku pedagang dengan nilai value 0,000 (<0,05), menunjukan hubungan yang bermakna antara sikap dengan perilaku pedagang dengan p value 0,000 (<0,05), menunjukan hubungan yang bermakna antara ketersediaan saran dengan perilaku pedagang dengan p value 0,000 (<0,05), dan antara pelaksanaan peraturan kebersihan dengan perilaku kebersihan menunjukan hubungan yang bermakna dengan p value 0,000 (<0,05) Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap, ketersediaan sarana pembuangan, dan pelaksanaan peraturan kebersihan dengan perilaku pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga.


Keywords


perilaku; sampah; pasar

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2008, Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat, Jakarta: Depkes R.I

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2009, Sistem Kesehatan Nasional, Jakarta.

Departemen Kesehatan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, 1987, Pembuangan Sampah, Jakarta: Depkes R.I

Dwi Sinar Septiana, 2017, Upaya Pemulung Dalam Mencegah Risiko Gangguan Kesehatan di TPA Banjaran Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga Tahun 2017, Banyumas, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang Program Studi Diploma 4 Kesehatan Lingkungan.

Elsye Rahmadani, 2017, Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Sarana Pengelolaan Sampah Dengan Partisipasi Pedagang di Pasar Raya Solok, Padang: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang Program Studi Diploma 4 Kesehatan Lingkungan.

Hanesya Fitria Bellona, Tinjauan Pengelolaan Sampah Taman Kota Andhan Pangrenan Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun 2014, Banyumas, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang Program Studi Diploma 4 Kesehatan Lingkungan.

Heri D. J Maulana, 2009, Promosi Kesehatan, Jakarta: Penerbitan Buku Kedokteran EGC.

Kementerian Lingkungan Hidup R.I. UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Jakarta; 2014.

Masniari Sariganda Siagian, 2018, Analisis Pengelolaan Sampah Serta Partisipasi Pedagang Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan di Pasar Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Tahun 2017, Medan, Universitas Sumatera Utara Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Nasiman, 1983, Masalah Sampah Padat di Perkotaan dan Pengelolaannya, Jakarta: Universitas Indonesia Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Novi Puji Lestari, 2015, Studi Tentang Kepedulian Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Ria Damayanti, 2016, Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pedagang Dalam Membuang Sampah di Pasar Sentral Sekura, Pontianak: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang.

Rofiana Dias Pangesti, 2018, Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pedagang Sayur Dalam Pengelolaan Sampah di Pasar Wage Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2018, Banyumas: Politeknik Kementerian Kesehatan Semarang Program Studi Diploma 4 Kesehatan Lingkungan.

Setyo Amonggoro, Studi Pengelolaan Sampah Di Rumahsakit Umum Daerah Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun 2015, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jurusan Kesehatan Lingungan.

Soekidjo Notoatmodjo, 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Thomson Siahaan, dkk, Analisa Sistem Pengelolaan Sampah dan Perilaku Pedagang di Pasar Horas Kota Pematang Siantar Tahun 2013, Universitas Sumatera Utara Faklultas Kesehatan Masyarakat.

Ulfa Putri Syafniaty, Analisis Mewujudkan Pasar Sehat di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh Tahun 2016, Universitas Andalas, Diploma Thesis

Zulkarnaini, 2009, Faktor-faktor Penentu Tingkat Partisipasi Pedagang Dalam Pengelolaan Sampah di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru, Pekanbaru: Universitas Riau.

https://www.bphn.go.id, Undang-undang No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan sampah diakses tanggal 8 Desember 2018 pukul 11.25




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v39i2.4732

Article Metrics

Abstract view : 1432
Download PDF : 1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License