Deskripsi Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

Puji Hastuti

Abstract


Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Belajar menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhir akan didapat ketrampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Hasil dari proses belajar tercermin dalam prestasi belajarnya. Kenyataannya dalam proses belajar mengajar sering ditemukan mahasiswa tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan intelegensinya.       Pendidikan bukan hanya perlu mengembangkan rational intellegence, melainkan juga perlu mengembangkan emotional intellegence siswa.

Tujuan penelitian ini mengidentifikasi kecerdasan emosional, prestasi belajar pada mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan metode skala dan teknik pengumpulan data terhadap prestasi belajar dengan mengambil data yang nilai Indeks Prestasi  pada semester satu dan dua. Untuk mengukur skala kecerdasan emosi  digunakan alat ukur skala kecerdasan emosi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal emosi diri sendiri pada mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 55% sudah cukup baik, kemempuan mengenal emosi orang lain 83% cukup baik, kemampuan mengendalikan emosi diri sendiri 70% sangat baik, kemampuan mengendalikan emosi orang  93% cukup baik. Adapun indeks Prestasi belajar semester 1 rata-rata memeiliki nilai mutu B (2,75-3,50) sejumlah 100 mahasiswa (74%), sedangkan pada semester II rata-rata memeiliki nilai mutu B sejumlah 102 mahasiswa dengan prosentase 76%.


Keywords


kecerdasan emosional;prestasi belajar mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31983/jkb.v3i7.122

Article Metrics

Abstract view : 568
Download PDF : 771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

Creative Commons License

Jurnal Kebidanan by http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats