Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Penggunaan Garam Beriodium di Wilayah Puskesmas Borobudur Kabupaten Magelang Tahun 2013

Esti Handayani, Daranindra Dewi Saraswati, Munayarokh Munayarokh

Abstract


Defisiensi iodium selama masa kehamilan akan berdampak buruk pada perkembangan fisik dan otak fetus (Arisman, 2009). Hal ini merupakan masalah kesehatan yang penting karena berhubungan langsung dengan kualitas sumber daya manusia. Hasil penelitian struktur tanah oleh UGM pada tahun 2004 di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2008 menunjukkan bahwa daerah ini merupakan wilayah paling rawan kekurangan iodium. Setelah pemberian kapsul iodium dihentikan beberapa tahun lalu, hal yang paling efektif dilakukan untuk memantau konsumsi garam rumah tangga adalah dengan pemantauan konsumsi garam beriodium pada tingkat rumah tangga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang garam beriodium dalam penggunaan garam beriodium di wilayah kerja Puskesmas Borobudur Kabupaten Magelang tahun 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan sampling acak pada 85 ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Borobudur, Kabupaten Magelang.

berdasarkan hasil uji t test independentdengan taraf kesalahan p<α =0,05 didapatkan P value sebesar 0,015 yang menunjukkan ada perbedaan pengetahuan dalam penggunaan garam beriodium, serta berdasarkan uji Mann-Whitney didapatkan P value sebesar 0,04 yang menunjukkan ada perbedaan sikap dalam penggunaan garam beriodium. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang garam beriodium dalam penggunaan garam beriodium di wilayah kerja Puskesmas Borobudur Kabupaten Magelang tahun 2013.


Keywords


Pengetahuan;Sikap;Penggunaan Garam Beriodium

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31983/jkb.v2i5.103

Article Metrics

Abstract view : 709
Download PDF : 833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

Creative Commons License

Jurnal Kebidanan by http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats