PAJANAN LOGAM BERAT (Pb) PADA SEDIMEN ALIRAN SUNGAI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA)

M. Choiroel Anwar, Hari Rudijanto I.W, Tri Cahyono

Abstract


TPA Kaliori yang merupakan pengganti dari TPA Gunung Tugel di Kabupaten Banyumas, mulai beroperasi pada tahun 2013. Setiap hari menampung sampah yang dihasilkan oleh kota Purwokerto dan diperkirakan sekitar 40 – 50 truk/hari. Terjadinya longsor sampah ke tempat penampungan lindi menyebabkan lindi tidak terwadahi dan menyebabkan terjadinya pencemaran badan air serta sumur penduduk yang menjadikankan masyarakat sekitar berdemo untuk menutup TPA . Tujuan penelitian untuk mengetahui pajanan logam berat pada sedimen aliran sungai tempat pembuangan akhir. Jenis penelitian  merupakan penelitian observasional dengan rancangan  cross sectional study. Populasi penelitian  adalah : Lindi, badan air, air sumur dan darah. Pengambilan sampel dilakukan dua kali yaitu pada tanggal  16 dan 19 Oktober 2018. Parameter pencemaran yang diteliti meliputi :   pH, suhu air, TDS, Kekeruhan, warna dan Pb. Alat yang di gunakan yaitu pH meter, termometer, TDS dan untuk pengujian kandungan timbal (Pb), BOD dan COD dilakukan di UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga serta laboratorium Prodia untuk mengukur kadar Pb di darah. Hasil penelitian didapatkan  rerata hasil Pb pada IPAL yaitu 0,260 mg/l. Rerata hasil Pb dalam badan air/ saluran terbuka yaitu 0,204 mg/l. Rerata hasil Pb dalam air sumur 1 dengan jarak 100m adalah 0,061 mg/l, sumur 2 dengan jarak 135m adalah 0,052 mg/l dan sumur 3 dengan jarak 120 m adalah 0,047 mg/l. Rerata hasil Pb dalam darah manusia 5,6 µg/dL dari empat responden dengan jarak rumah yang berbeda. Hasil penelitian dapat disimpulkaan  bahwa kadar Pb pada IPAL dan Badan air  melebihi baku mutu yang ditetapkan yaitu 0,1 mg/l dan dari tingkat pajanan pencemaran sudah berada dalam darah manusia. Dari hasil penelitian ini dapat kami sarankan untuk dilakukan perbaikan pada tempat pengolahan Lindi


Keywords


Pb; Leacite Badan Air; Sumber Air; Darah; Kesehatan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Soemarwoto, O. 2007. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Golder Associates (NZ) Ltd. (2002). Risk Assessment for Small Closed Landfills, Waste Mangement Institute New Zeland. Glenn W. Suter II; Rebecca A. Efroymson; Bradley E. Sample; Daniel S. Jones. (2000). Ecological Risk Assessment for Contaminated Sites, LEWIS PUBLISHERS, Washington, D.C

SEPA. (2002). The Geological Barrier, Mineral Layer and the Leachate Sealing and Drainage System, Framework for Risk Assessment for Landfill Sites. U.S. EPA (Environmental Protection Agency). 1997.

Marzieh, S. Variation in soil heavy metal concentrations around and downstream of a municipal waste landfill. World Congress of Soil Science, Soil Solutions for a Changing World. 4 (2010) 1–6.

Wardhayani, Sutji, Analisis Risiko Pencemaran Bahan Toksik Timbal (Pb) Pada Sapi Potong Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Jatibarang Semarang, Semarang, 2006.

Alfonds Andrew Maramis, Agustinus Ignatius Kristijanto, Soenarto Notosoedarmo, Sebaran Logam Berat Dalam Sedimen Dan Hubungannya Dengan Parameter Fisik Dan Hidrologi Di Sungai Kreo Semarang, Seminar Nasional MIPA 2005, FMIPA - Universitas Indonesia Depok, Nopember 2005.

Achmadi, Umar Fahmi, Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah, Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2009.

Suhendrayatna. (2013). Merkuri: Bahaya, Sumber Pencemar, Dan Pengelolaannya di Lingkungan. Kampanye dan sosialisasi Dampak Merkuri Terhadap Lingkungan. Meulaboh, 9 Desember 2013

Febriana, L. 2014 .Studi Penurunan Kadar Besi (Fe) dan Mangan (Mn) Dalam Air Tanah Menggunakan Saringan Keramik. Jurnal Teknologi. Volume 7. Halaman 37

Sudarmaji, Mukono, J., dan Corrie, I.P., 2006. Toksikologi logam berat B3 dan dampaknya terhadap kesehatan. Jurnal Kesehatan Lingkungan 2 (2): 129 - 142.

Godt, J. F. Scheidig, C. Grosse-Siestrup, V. Esche, P. Brandenburg, A. Reich, and D. A. Groneberg, 2006. The toxicity of cadmium and resulting hazards for human health. Journal Occupational Medicine and Toxicology. 1(22).

Magda, M. A. E, and I. A. Z. Gaber, 2015. Effect of landfill leachate on ground water quality: A case study in Egypt. Journal of Advanced Research. 6(6), pp. 576-584.

Ogundiran, O. O. & T. A. Afolabi, 2008. Assessment of the physicochemical parameters and heavy metals toxicity of leachates from municipal solid waste open dumpsite. International Journal of Environmental Science and Technology. 5(2), pp. 243-250.

Rakhmawati, E. A, Sunarto dan P. Setyono, 2016. Kajian Pengelolaan Air Lindi (Leachate) di Lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo Surakarta Berbasis Kemanfaatan. Jurnal Ekosains. 7(4), pp. 8-15.

Suyatmi dan S. A. Mulasari, 2015. Perbandingan Sistem Pengolahan Sampah di TPA Wukirsari Gunung Kidul dan TPA Banyuroto Kulon Progo. Kesmas Wigama. 1(1), pp. 7- 15. [16] Warsinah, Suheryanto dan Y. Windusari, 2015. Kajian Cemaran Logam Berat Timbal (Pb) Pada Kompartemen di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinata Palembang. Jurnal Penelitian Sains. 17(2), pp. 78-81.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrk.v8i1.4440

Article Metrics

Abstract view : 930
Download PDF : 698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 M. Choiroel Anwar, Hari Rudijanto I.W, Tri Cahyono

INDEXING

Logo Google Schoolar
Logo Sinta
Logo DOAJ
Logo Crossref
Logo Garuda
Logo Dimensions
RECOMMENDED TOOLS
Turnitin Logo
EndNote Logo
Mendeley Logo
Keep in touch with us!
Get notified
Logo Poltekkes Semarang Logo JRK
JURNAL
RISET
KESEHATAN

Mailing Address:

Jalan Tirto Agung, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah - 50268, Indonesia

Commitment to quality

Double-blind peer review. Immediate open access. Authors retain copyright. No author fees. Published biannually.

 
CC Brands CC BY Brands CC SA Brands

Journal Riset Kesehatan (JRK), its website, and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

WGA