MOTIVASI KINERJA PERAWAT DALAM PELAKSANAAN MODEL PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL (MPKP) DALAM PENUGASAN TIM DI RSJ PROF DR SOEROYO MAGELANG

Budi Hartanto, Wiwin Reni Rahmawati, Sri Adiyati

Abstract


Latar Belakang : Motivasi adalah besar kecilnya usaha yang diberikan seseorang untuk melakukan tugas pekerjaannya. Motivasi sangatlah penting karena dengan motivasi perawat mau bekerja keras dan antusias untuk memberikan asuhan keperawatan yang konprehensif. Tujuan ini untuk mengetahui gambaran dan mengukur tingkat motivasi kinerja perawat dalam pelaksanaan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) dalam penugasan tim di RSJ Prof dr Soeroyo Magelang. Metode : ini adalah penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi dan kinerja perawat dengan metode pengambilan data secara porposional. Lokasi penelitian ruang MPKP Rumah Sakit Jiwa Prof dr Soeroyo Magelang dengan sampel sebanyak 78 perawat. Data diolah secara univariat disajikan dalam bentuk frekuensi. Hasil menunjukan gambaran tingkat motivasi dalam kategori sedang dengan nilai 4019 (90,42 %), dan gambaran tingkat kinerja perawat dalam kategori sedang dengan nilai 2309 (89,74 % ). Simpulan : tingkat motivasi dan tingkat kinerja perawat dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka rumah sakit perlu meningkatkan motivasi para perawat dengan memenuhi kebutuhan dan rasa keadilan guna meningkatkan kinerja.

Keywords


motivasi; kinerja; MPKP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View statistics

Jendela Nursing Journal (JNJ) oleh http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jnj/ disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.