SATURASI OKSIGEN DENGAN PULSE OXIMETRY DALAM 24 JAM PADA PASIEN DEWASA TERPASANG VENTILATOR DI RUANG ICU RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG

Ari Andriani, Rodhi Hartono

Abstract


Latar Belakang-Pasien terpasang ventilator perlu dilakukan perawatan dan pemantauan yang intensif, diantaranya dengan pemeriksaan analisis gas darah indicator diantaranya nilai saturasi oksigen. Pemantauan nilai saturasi oksigen dapat diukur secara invasif (pemeriksaan analisis gas darah) dan non invasif (pulse oximetry). Pemantauan saturasi oksigen dengan pulse oximetry yang kontinyu dapat membantu mengobservasi kestabilan pasien setiap saat dan dengan analisis gas darah juga dapat memberi informasi langsung mengenai fungsi paru. Nilai saturasi oksigen penting untuk dipantau karena dapat menunjukkan keadekuatan oksigenasi atau perfusi jaringan pasien. Tujuan-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nilai saturasi oksigen dengan pulse oximetry dalam 24 jam pada pasien dewasa terpasang ventilator di ruang ICU Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Metoda -Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah 30 responden. analisis univariat dengan cara menggambarkan tiap variabel dari hasil penelitian untuk mengolah data yang berbentuk angka dan memperoleh distribusi dan prosentase dari tiap variabel. Hasil -Hasil penelitian secara deskriptif diketahui bahwa responden dewasa yang terpasang ventilator yaitu laki-laki sebesar 53% dan perempuan sebesar 47%. Responden umur < 30 tahun sebesar 17%, umur 30-50 tahun sebesar 7%, umur > 50 tahun sebesar 76%. Nilai ratarata saturasi oksigen tertinggi pada jam 06.00 yaitu sebesar 98,47% dan nilai rata-rata saturasi oksigen terendah pada jam 08.00 yaitu sebesar 97,03%. Simpulan-Kesimpulan dari penelitian ini adalah gambaran nilai saturasi oksigen menunjukkan adanya kecenderungan naik pada fase basal metabolisme rate dan turun dalam 24 jam. Perlu pemantauan yang kontinyu pada nilai saturasi oksigen dalam 24 jam terutama pada pasien terpasang ventilator di ruang ICU sehingga keadekuatan oksigenasi atau perfusi jaringan pasien terpenuhi.

Keywords


Saturasi Oksigen; Pulse Oximetry; Ventilator.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View statistics

Jendela Nursing Journal (JNJ) oleh http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jnj/ disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.