Promosi Kesehatan Gigi dengan Menggunakan Media Leaflet terhadap Pengetahuan, Sikap, Status Kebersihan Gigi dan Mulut

Melkisedek O. Nubatonis, M. Ibraar Ayatulah

Abstract


Promosi kesehatan dan prevensi penyakit adalah sejumlah kegiatan yang bertujuan dan dirancang untuk menigkatkan kesehatan personal dan masyarakat melalui kombinasi strategi, termasuk implementasi perubahan perilaku, pendidikan kesehatan, deteksi resiko kesehatan serta peningkatan  dan pemeliharaan kesehatan. Sedangkan kuratif dan rehabilitatif pada umumnya dilakukan tehadap sasaran secara individual. Alat Bantu atau alat peraga dalam penyuluhan kesehatan sebaiknya disusun berdasarkan prinsip bahwa pengetahuan yang ada pada setiap manusia itu diterima atau ditangkap melalui panca indra. Semakin banyak indra yang digunakan untuk menerima sesuatu maka semakin banyak dan semakin jelas pula pengertian atau pengetahuan yang diperoleh. Alat peraga ini dimaksudkan untuk menggerakkan indra sebanyak mungkin kepada suatu obyek, sehingga mempermudah persepsi seseorang. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu  dengan rancangan pre test – post test group design. Observasi untuk mengetahui perubahan pengetahuan, sikap, perilaku dan status kebersihan gigi dan mulut sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Dalam penelitian ini, subyek penelitian dibatasi pada siswa/i kelas V SD Negeri Bertingkat Naikoten 1 dan SD Negeri Kuanino yang berkedudukan di Kota Kupang.  Dipilih 2 SD ini dengan maksud untuk membatasi variasi dalam mutu pendidikan, proses belajar mengajar dan faktor lingkungan sekolah. Instrumren yang digunakan dalam penelitian ini adalah leaflet  yang berisikan materi tentang proses terjadinnya karang gigi dan lubang gigi. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan dan sikap siswa tentang kesehatan gigi.  Alat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi  kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan media leaflet dapat meningkatkan secara bermakana pengetahuan dan sikap siswa SD sedangkan skor plak tidak dapat meningkatkan secara bermakna.

Keywords


Promosi; Leaflet; Pengetahuan; Sikap

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A., 2006. Media Pembelajaran. Penerbit PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Astoeti, T. E., Jenie, I., Kusnoto, J., 2003. Hubunngan Perilaku Terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut Murid-Murid SD Negeri Jakarta Penderita Gigi Berjejal, Jurnal Kedokteran Gigi Indonesia, Universitas Indonesia, 13 (3):164-167

Azwar, S., 2003; Sikap Manusia. Edisi kedua, cetakan ketujuh, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Budiharto, 2000. Perencanaan Pendidikan Kesehatan Gigi Melalui Pendekatan Analisis Komponen Yang Terlibat. Jurnal Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, 7 (3): 44-57

Feby A M, Sudargo T & Fatwa S.T. D., 2004. Pengaruh Media Ceramah, Liflet dan VCD dalam pencegahan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. XX : 97-135

Herijulianti, Indriani, Artini., 2001, Pendidikan Kesehatan Gigi, EGC, Jakarta

Lucie, S., 2005, Tehnik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Machfoedz I, Sutrisno E.S, & Santoso S, 2005 a. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan Masyarakat. Penerbit Fitramaya, Yogyakarta.

Notoamodjo S., 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku , Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Priyono, B., 1995, Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap dan Kebersihan Gigi dan Mulut Anak-Anak Yang Pernah Menerima Program UKGS, Majalh Ilmiah

Dies Natalis Edisi VII, FKG Universitas Gadjah Mada, 219-228

Sadiman, A.S., Raharjo, R., Haryono, A., & Rahardjito, 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Pustekkom adikbud dan PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sriyono, N.W., 2007, Pengantar Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan, Medika Fakults Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Suiraoka, I.P., 2004, Perancangan Media Promosi Kesehatan Pencegahan GAKI pada Anak SD di Daerah Endemik di Propinsi Bali. Berita Kedokteran Masyarakat XX No. 02. program Pendidikan Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Suwelo, I.S., 1992, Karies Gigi Pada Anak Dengan Pelbagai Faktor Etiologi, EGC, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v6i2.5493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Gigi (p-ISSN: 2407-0866 e-ISSN: 2621-3664), is published by Jurusan Keperawatan Gigi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50268 Telp./Fax: (024) 7471276.

Find us on : Instagram, Facebook

Abstracted/Indexed by:


View My Stats
Jurnal Kesehatan Gigi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License