Analisis Faktor Intrinsik Dan Ekstrinsik Motivasi Kerja Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Rumah Sakit

Sri Lestari, Aisya Putri Pravitasari, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Perekam medis dalam bekerja tidak hanya sekedar menjalankan tugas dan kewajibannya saja, namun mereka juga membutuhkan motivasi. Motivasi yang baik diharapkan mampu mendorong para perekam medis untuk menghasilkan kinerja yang baik pula dalam melaksanakan tugasnya. Survey awal di RSUD Ungaran menunujukkan bahwa penghargaan atau apresiasi terhadap prestasi pegawai masih kurang, sehingga hal ini menyebabkan para pegawai menjadi kurang termotivasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor motivasi kerja perekam medis dan informasi kesehatan di RSUD Ungaran, dilihat dari karakteristik, faktor ektrinsik dan instrinsik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan sebuah kejadian yang diteliti, dengan pendekatan kuantitatif yaitu yang diartikan sebagai metode penelitian yang bersifat positivisme. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh petugas rekam medis. Sebanyak 21 lembar kuesioner diberikan kepada seluruh responden dan tersisa satu karena responden sedang dalam masa cuti. Hasil yang didapat adalah rata-rata faktor intrinsik mencapai 76.25% dan faktor ekstrinsik sebanyak 78.13%, karakteristik umur petugas rata-rata 41-65 tahun, masa kerja 18-40 tahun, pendidikan terakhir DIII Rekam Medis sebanyak 7 orang. Indikator paling tinggi adalah Pekerjaan itu sendiri (87.5%) dan hubungan intrapersonal (97.5%). Saran dari kami agar diberikan apresiasi atau penghargaan kepada pegawai minimal dalam bentuk ucapan selamat. Dan sebaiknya dilakukan perbaikan fasilitas SIMRS dengan segera agar para petugas rekam medis menjadi lebih semangat dalam bekerja. Diperlukan juga pemberian pelatihan atau pendidikan lanjutan bagi pegawai rekam medis yang bukan merupakan lulusan dari DIII Rekam Medis.

Keywords


Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik, Motivasi Kerja, Petugas Rekam Medis.

Full Text:

PDF

References


Buchbinder, Sharon B and Nancy H. Shanks. 2014. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Alih bahasa, Palupi Widyastuti, Estu Tiar. Jakarta : EGC.

Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung : Pustaka Setia.

Garmelia, Elise dan Erkadius. 2010. “Pengenalan Organisasi dan Supervisi”, dalam Pedoman MIK disarana Pelayanan Kesehatan. 2010. Jakarta : UI Press.

Hardjana, Agus M. 2003. Komunikasi Intrapersonal dan Komunikaasi Interpersonal. Yogyakarta : Kanisius.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hatta, Gemala R. 2010. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan disarana Pelayanan Kesehatan. Ed 2. Jakarta : UI Press.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. 2002. Jabatan Fungsional Perekam Medis dan Angka Kreditnya. Nomor 135. Jakarta.

Keputusan Menteri. 2007. Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Jakarta.

Dirjen YanmedLubis, Elynar. 2009. Pengaruh Karakteristik Individu dan Motivasi Ekstrinsik terhadap kinerja Dokter dalam Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Rawat Inap Di Rumah Sakit PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Tahun 2008. Medan. Tesis Master Kesehatan USU : tidak diterbitkan.

Mangkunegara,Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira, S. dan A.V. Hubeis. 2007. Mananjemen Sumber Daya Manusia. Bogor : Ghalia Indonesia.

Moorhead, Gregory dan Ricky W. Griffin. 2013. Perilaku Organisasi : Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi, terj. Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed. Rev.Jakarta : Rineka Cipta.

Pambudi, Ranu. 2016. Tinjauan Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik Motivasi Kerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Harum Sisma Medika Tahun 2016. Tugas Akhir Diploma Rekam Medis : Universitas Esa Unggul.

Peraturan Menteri PAN RB. 2013.Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Nomor 30. Jakarta : Menpanrb.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Ed. 12. Penerj, Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat.

Satrianegara, M. Fais dan Sitti Saleha. 2009. Buku Ajar Pelayanan Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Soeroso, Santoso. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit : Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta : EGC.

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, CV.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrmik.v4i1.6780

Article Metrics

Abstract view : 1227
Download PDF : 681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (p-ISSN: 2622-1863 e-ISSN: 2622-7614), is published by Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)76479188 Public Services : e-mail: jurnalrmik2018@gmail.com

Creative Commons License


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats