Gambaran Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis di Puskesmas Karang Pule Kota Mataram

Maria Yovita, Uswatun Hasanah, Reni Chairunnisah

Abstract


The time for the provision of medical record documents from when the patient registers until the medical record documents are provided or found by officers with a minimum standard of service is 10 minutes. The purpose of this study was to determine the time description of the supply of medical record documents at the Karang Pule Health Center in Mataram City. The research design used is descriptive. The population in this study was 200 medical record documents with a total sample of 67 documents. The sampling technique used is accidental sampling. The results showed that the frequency distribution of old patient medical record documents 65 and new patient medical record documents 2. The average time needed to provide medical records for old patients is 1 minute 29 seconds and new patients 2 minutes 29 seconds. The average length of time for providing medical records in TPP is 51.65 seconds, Filling 17.64 seconds, 32 seconds distribution. Based on these results it can be concluded that when providing medical record documents at the Karang Pule Puskesmas it has met the minimum service standards, it is recommended to the Karang Pule Puskesmas to maintain and improve service quality.

Keywords


Waktu penyediaan; Dokumen Rekam Medis ; Pusat Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Andrian, F. D. & Sugiarti, I. (2015), Tinjauan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Di RSUD Dr.Ssoekardjo Kota Taksimalaya, Jurnal, Poltekkes Kemenkes Taksimalaya. Asmuni, S. (2009), Pengaruh Karakteristik Dan Kompetensi Perekam Medis Terhadap Waktu Tunggu Pasien Pada Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum DR. Pirngadi Medan Tahun 2008, Tesis, Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Azwar, A. (2010), Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangeran: Binarupa Aksara. Dahlan, MS 2014, Statistik untuk kedokterandan kesehatan : deskriptif bivariat, dan multivariate,dilengkapi aplikasi menggunakan SPSS, 6ed, epidemiologi indonesia, Jakarta. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2007), Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia 2007, Standart Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Author. Depkes RI. (1997), Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia, Revis I. Jakarta: Direktoral Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Depkes RI. 2006. Pedoman Pengelolaan Dokumen Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pelayanan Rekam Medik. Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Direktorat jenderal Bina Pelayanan Medik. Farhatani, W.H. 2014 Faktor Determinan Lamanya Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan RSUD DR. Moh. Soewandhie Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. Volume 2 Nomor 4 Oktober-desember 2014. Firdaus, Sunny 2008. Rekam medis dalam sorotan hukum dan etika. Kemenkes RI Nomor 129/Menkes/SK/II/2008, Tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit. Laeliyah & Subekti. (2017), Waktu Tunggu Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu, Jurnal, Program Diploma III Rekam Medis Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Gadja Mada Fakultas Kedokteran Gadja Mada. Menteri Kesehatan RI Nomor 128/Menkes/SK/II/2004.

Notoatmodjo, S. (2012), Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta Nursalam. (2008), Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika Nursalam, 2013.Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Keperawatan (pedoman skripsi, tesis dan instrumen penelitian keperawatan). Salemba Medica: Jakarta Nursalam, M. 2016. Definisi Operasional. Jakarta: Salemba Medika Permenkes RI No 269/Menkes/Per/III/2008, Tentang Rekam Medis. Permenkes RI. 2008, Rekam Medis. Jakarta: Permenkes RI Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Sabarguna, B. 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jawa Tengah: Konsorsium RS Islam.

Sibagariang, (2010), Buku Saku Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika. Sudraja, I. & Sugiarti, I. (2015), Hubungan Kecepatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien, Jurnal, Dosen Program Studi D III Pikes Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Supranto, J. (2011), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Rhineka Cipta Trihono. 2005, Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigm Sehat. Jakarta: CV Sagung Seto Widiarti, hendro & Astute, (2013). Tinjauan Penggunaan Kartu Identitas Berobat Dan Lama Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medispasien Rawat Jalan Lama Di RSUD H. DAMANHURI BARABAI, Jurnal, Stikes Husada Borneo Kalimantan Selatan.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrmik.v2i2.5344

Article Metrics

Abstract view : 2335
Download PDF : 5480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (p-ISSN: 2622-1863 e-ISSN: 2622-7614), is published by Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)76479188 Public Services : e-mail: jurnalrmik2018@gmail.com

Creative Commons License


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats