Identifikasi Formalin pada Jajanan Siomay

Fitriani Kahar, Ferawati Rondonuwu

Abstract


Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk, biasanya digunakan sebagai pengawet mayat. Pemberian bahan pengawet jenis formalin dilarang pada makanan, bahkan makanan yang mengandung formalin jika dikonsumsi secara terus menerus akan menimbulkan gejala keracunan, kanker (kanker hati) yang ditimbulkan secara tidak langsung. Tujuan penelitian tentang identifikasi formalin pada Siomay secara kualitatif yaitu untuk mengetahui ada tidaknya formalin dalam Siomay yang diambil di Kelurahan Tamamaung. Dari hasil identifikasi, 4 dari 5 (80%) sampel tidak mengandung bahan pengawet jenis formalin, manfaat dari penelitian untuk melindungi masyarakat konsumen khususnya penggemar Siomay agar tetap aman dalam mengkonsumsi Siomay yang diperdagangkan di Kelurahan Tamamaung ini membuktikan bahwa adanya kesadaran pedagang dalam memproduksi makanan khususnya Siomay yang banyak digemari oleh masyarakat. Agar pemerintah atau tokoh masyarakat memberikan informasi kepada para pedagang dan pengusaha maupun konsumen terutama masyarakat umum di Kelurahan Tamamaung tentang bahaya penggunaan bahan pengawet jenis formalin, sehingga tidak menggunakan formalin sebagai bahan pengawet makanan.


Keywords


Identifikasi Formalin ; Siomay

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31983/jlm.v1i2.5450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

OFFICE INFORMATION :

Jurusan Analis Kesehatan - Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Wolter Monginsidi No. 115 Pedurungan Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia ; Telp./Fax: (024)6723014 Tanya Kami via Whatsapp +6285100365103

 Lisensi Creative Commons  Jaringan Laboratorium Medis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

     
 StatCounterLIPI ScholarGarudaCrossref

 

Jaringan Laboratorium Medis